Tak perlu odol, begini trik hilangkan karang gigi dan bau mulut sekaligus hanya pakai 2 bahan rempah

Tak perlu odol, begini trik hilangkan karang gigi dan bau mulut sekaligus hanya pakai 2 bahan rempah

Bahan yang bisa kamu gunakan adalah cengkeh dan kunyit. Cengkeh adalah bunga kering yang memiliki sifat antimikroba dan analgesik alami. Kandungan eugenol dalam cengkeh dapat membantu mengurangi rasa sakit, menghilangkan bakteri penyebab bau mulut, dan mengurangi peradangan gusi.

Di sisi lain, bahan rempah seperti kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Senyawa aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin dapat membantu mengurangi peradangan gusi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karang gigi. Adanya bahan tambahan yaitu baking soda memiliki sifat abrasif yang membantu menghilangkan plak gigi dan noda permukaan gigi.

Manfaat baking soda untuk kebersihan mulut

Baking soda ternyata ampuh untuk menjaga kebersihan mulut, karena memiliki sifat abrasif lembut yang membantu menghilangkan plak dan karang gigi dari permukaan gigi. Selain itu, kemampuan baking soda untuk menghilangkan bakteri dan menetralisir asam dalam mulut dapat membantu mengurangi bau mulut. Penggunaan baking soda sebagai obat kumur atau pasta gigi dapat memberikan efek kesegaran dalam mulut dan mengurangi bau yang tidak sedap.

Bahkan adanya sifat alkali dalam baking soda ini mampu membantu menyeimbangkan pH dalam rongga mulut. Ini penting karena lingkungan mulut yang asam dapat menyebabkan kerusakan gigi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Dengan menyeimbangkan pH, baking soda dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Baking soda bantu kurangi noda kuning pada gigi

Di sisi lain, adanya sifat antimikroba dapat membantu mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Dengan mengurangi bakteri ini dapat membantu mencegah infeksi dan peradangan pada gusi. Selain itu, baking soda dapat membantu mengurangi noda pada gigi yang disebabkan oleh kopi, teh, atau merokok. Penggunaan baking soda sebagai pasta gigi dapat membantu menggosok noda dan mengembalikan warna alami gigi.

Tertarik untuk menggunakan ketiga bahan tersebut untuk perawatan mulut kamu? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari channel YouTube Bottega Zero Waste, Jumat (23/2).

Bahan-bahan:

trik hilangkan karang gigi dan bau mulut sekaligus berbagai sumber

foto: YouTube/Bottega Zero Waste

1. Cengkeh kering.
2. Bubuk kunyit.
3. Baking soda.
4. Air bersih.

Cara membuat:

trik hilangkan karang gigi dan bau mulut sekaligus berbagai sumber

foto: YouTube/Bottega Zero Waste

1. Tambahkan 1/2 sendok makan bubuk baking soda.
2. Campuran 1/2 sendok makan bubuk kunyit.
3. Tuangkan satu gelas air bersih ke dalam mangkuk yang berbeda.
4. Masukkan empat hingga lima buah cengkeh kering ke dalam air hangat.
5. Biarkan kurang lebih satu jam.
6. Lalu, campurkan dengan bubuk kunyit dan baking soda.
7. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Jika bahan ramuan tersebut sudah jadi, simpan ke dalam botol kaca kurang lebih seminggu. Sementara itu, untuk cara menggunakan ramuan tersebut mudah saja.

Cukup gunakan ramuan dari bahan rempah-rempah tersebut untuk berkumur. Nah, agar karang gigi rontok dan bau mulut berubah menjadi segar, gunakan trik ini secara rutin yaitu tiga kali dalam seminggu.



(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES