Tak perlu oatmeal, trik bersihkan pori-pori wajah agar lebih mengecil ini cuma pakai 2 bahan dapur

Tak perlu oatmeal, trik bersihkan pori-pori wajah agar lebih mengecil ini cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Pori-pori merupakan lubang kecil yang berperan sebagai tempat keluarnya minyak alami kulit atau sebum yang diproduksi oleh tubuh. Pada sebagian orang, tampilan pori-pori di wajah bisa lebih terbuka dan tampak lebih besar daripada orang lain. Pori-pori yang besar dan terbuka ini umumnya sering mengalami penyumbatan dan menghasilkan beberapa masalah kulit yang cukup meresahkan.

Banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini, di antaranya adalah kelebihan minyak akibat perubahan hormonal, kondisi kulit yang kering, penumpukan sel kulit mati, atau kotoran seperti debu dan sisa makeup yang menempel di bawah permukaan kulit. Pori-pori wajah yang tersumbat akibat kotoran ditandai dengan munculnya bintik hitam atau bintik putih pada wajah yang disebut dengan komedo, sehingga wajah tampak kusam.

Salah satu penyebab utama munculnya jerawat adalah kulit berminyak dan pori-pori yang tersumbat. Tak hanya menimbulkan jerawat serta komedo, pori-pori yang tersumbat kotoran juga akan membuat wajah jadi kurang mulus dan bertekstur kasar. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo dan pori-pori yang tersumbat. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk penghilang komedo atau dikenal dengan pore pack, memakai face scrub, dan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu bahan alami yang paling sering digunakan untuk membersihkan pori-pori tersumbat adalah oatmeal. Bahan alami ini dapat berperan sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati serta kotoran lainnya yang terjebak di pori-pori wajah. Namun karena tektsurnya yang kasar, sebagian orang justru mengalami iritasi kulit setelah penggunaan oatmeal di wajahnya.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES