Kenali 6 jenis jerawat beserta penanganannya, biar nggak bikin infeksi

Kenali 6 jenis jerawat beserta penanganannya, biar nggak bikin infeksi

Brilio.net - Jerawat merupakan salah satu permasalahan wajah yang kerap dialami oleh banyak orang. Sering dianggap mengganggu penampilan, jerawat memang cukup menyita perhatian jika berukuran besar. Selain mengganggu penampilan, jerawat saat sedang meradang dan kemerahan juga memberikan rasa ngilu dan terasa sakit.

Rasa ngilu dan sakit jerawat bisa bikin nggak mood. Terlebih lagi buat beberapa orang yang memang memiliki jenis kulit yang mudah berjerawat, sehingga jerawat yang muncul merata pada seluruh wajah. Tentu hal ini mengganggu aktivitas dan produktivitas. Bahkan saat sedang meradang, menggunakan makeup pun jadi segan karena takut memperparah jerawat.

Penyebab jerawat bisa beragam, mulai dari faktor genetika, sering mengkonsumsi junkfood, perubahan hormon, hingga stres. Setiap orang memiliki jenis jerawat yang berbeda, maka dari itu penanganan dari setiap jenis jerawat juga berbeda. Penting buat kamu yang sering berjerawat buat mengetahui tipe-tipe jerawat agar tidak salah penanganan dan menghindari jerawat dari infeksi. Dilansir dari medicalnewstoday.com, ada 6 jenis jerawat yang perlu kamu ketahui.

Buat kamu yang nggak mau infeksi lagi dan salah penanganan saat sedang berjerawat, briliobeauty.net telah merangkum 6 jenis jerawat beserta penanganannya, Selasa (16/4).

1. Whiteheads acne.

jenis jerawat beserta penanganannya  berbagai sumber

foto: grazia.co.in

Sering juga disebut dengan komedo putih, bentuknya merupakan benjolan kecil atau bintik kecil yang memiliki tipe warna seperti daging. Tipe jerawat ini merupakan jerawat yang ringan. Jika bagi orang yang memiliki kulit terang biasanya jerawat ini memiliki titik putih ditengah dengan dikelilingi oleh lingkaran merah. Sedangkan bagi orang yang memiliki kulit cenderung gelap warna dari jerawat ini area sekitarnya lebih berwarna keunguan.

Dilansir dari my.clevelandclinic.org jerawat ini biasanya dapat disebabkan karena meningkatnya sebum, pembentukan keratin yang tidak normal, dan meningkatnya bakteri pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Jika ingin memberikan penanganan untuk menghilangkan jerawat ini kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan salysilic acid, azelaic acid, benzoyl proxide, dan retinoids dengan vitamin A.

2. Blackheads acne.

jenis jerawat beserta penanganannya  berbagai sumber

foto: healthline.com

Seperti namanya, blackheads berarti komedo hitam. Jerawat ini dapat timbul karena tertutupnya folikel rambut. Sesuai dengan namanya, jerawat ini memiliki warna yang gelap atau cenderung ke hitam. Tipe jerawat ini ternyata tidak hanya muncul di wajah saja tapi juga dapat muncul di lengan, punggung, pundak, dada, hingga leher.

Biasanya jika kamu menemukan blackheads di wajah bentuknya seperti bintik kecil yang sering terdapat pada hidung dan pipi dibagian sekitar hidung. Kulit di atas benjolan yang terbuka yang menyebabkan warnanya menjadi terlihat hitam dan terbentuk komedo.

Untuk penanganan blackheads, dilansir dari healthline.com bisa diatasi dengan chemical pheals yang dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan komedo hitam. Selain itu juga dapat dihilangkan dengan terapi laser dan cahaya yang dapat mengurangi produksi minyak dan membunuh bakteri.

Magang/Himmatul Ahsana

(brl/wen)

tags

STORIES