Tak perlu laser mahal, ini cara memudarkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis daun herbal

Tak perlu laser mahal, ini cara memudarkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis daun herbal

Brilio.net - Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari. Wajar jika berbagai masalah kulit bisa bermunculan, seperti jerawat, kulit kusam, kulit kering, dan flek cokelat kehitaman atau dikenal sebagai hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang sering terjadi, biasanya ditandai dengan adanya flek atau bercak kulit berwarna cokelat dan kehitaman di area (wajah) tertentu.

Flek hitam ini merupakan kumpulan pigmen alami atau melanin, yang berisi melanosome. Masalah kulit ini paling sering disebabkan oleh paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet. Kondisi kulit tertentu atau efek samping dari obat juga bisa memicu timbulnya flek hitam.

Flek hitam terbentuk ketika melanin memproduksi melanosome secara berlebihan sehingga pigmen kulit membuat kulit menjadi lebih gelap. Bintik hitam ini akan semakin gelap ketika terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet dari matahari dan tanning bed sering menjadi penyebab utama munculnya flek hitam. Hiperpigmentasi yang terjadi di usia paruh baya juga salah satu faktornya.

Menginjak usia paruh baya, biasanya flek hitam pada kulit mudah bermunculan akibat paparan sinar matahari. Risiko semakin meningkat apabila orang tersebut tidak pernah menggunakan tabir surya maupun pelindung sinar matahari. Penyebab flek hitam di wajah berpengaruh terhadap cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi bercak tersebut. Namun pada umumnya, flek hitam pada wajah tak memerlukan perawatan. Meski begitu, tak sedikit yang ingin menghilangkan bercak ini demi alasan estetika wajah.

Tak sedikit orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menghilangkan flek hitam dengan laser wajah. Padahal ada cara lain untuk mengatasi flek hitam akibat hiperpigmentasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @hannasusanti49.

Dalam video tersebut, pemilik akun membagikan cara memudarkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis daun herbal. Daun herbal yang dimaksud adalah daun sirih. Tak hanya daun sirih, ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"hilangkan flek hitam dengan cara alami," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @hannasusanti49, Selasa (4/7).

Cara memudarkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis daun herbal Berbagai sumber

foto: TikTok/@hannasusanti49

Daun sirih (Piper betel) merupakan tanaman obat yang banyak ditemukan di Asia. Daun ini diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh hingga kecantikan wajah. Daun sirih mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri, sehingga mampu menghambat pertumbuhan berbagai macam bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat di wajah. Karena memiliki manfaat yang baik, daun sirih sering kali digunakan sebagai kandungan beberapa produk kecantikan dan perawatan wajah.

(brl/jad)

tags

STORIES