Sering dijadikan pemutih badan, ini 7 efek samping konsumsi suplemen kolagen bagi kesehatan tubuh

Sering dijadikan pemutih badan, ini 7 efek samping konsumsi suplemen kolagen bagi kesehatan tubuh

Brilio.net - Tubuh manusia memerlukan banyak sekali protein untuk memelihara atau memperbaiki jaringan tubuh. Salah satu protein yang penting bagi tubuh manusia adalah kolagen.

Kolagen merupakan satu jenis protein yang secara alami diproduksi oleh tubuh manusia. Kolagen berfungsi untuk membentuk bagian tubuh, seperti tendon, ligamen, kulit dan otot. Oleh karena itu kolagen merupakan salah satu protein yang sangat penting bagi tubuh.

Kolagen memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, seperti dapat mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini, meningkatkan massa otot, meningkatkan kesehatan jantung dan lain sebagainya.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, kolagen yang ada pada tubuh akan mengalami kerusakan dan tubuh manusia tidak bisa lagi banyak memproduksi kolagen. Dengan kondisi seperti itu, sebagian orang kemudian memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen kolagen.

Saat ini banyak sekali bentuk suplemen kolagen yang dapat dengan mudah ditemui dipasaran. Banyak pula, dari suplemen tersebut yang kemudian mengklaim dapat memutihkan badan serta mencerahkan wajah.

Suplemen kolagen tentunya aman untuk dikonsumsi oleh tubuh jika sudah terdaftar dalam BPOM ataupun jika diresepkan oleh dokter kulit. Suplemen kolagen tentunya juga harus dikonsumsi sesuai dosis dan kondisi tubuh.

Pengonsumsian kolagen secara berlebihan dan tidak sesuai dosis akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh. Seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dalam tujuh efek samping konsumsi suplemen kolagen bagi kesehatan tubuh dari berbagai sumber, Kamis (9/3).

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES