Tak perlu kopi, ini cara atasi bintik hitam dan sel kulit mati pada kulit pakai 1 jenis bahan kue

Tak perlu kopi, ini cara atasi bintik hitam dan sel kulit mati pada kulit pakai 1 jenis bahan kue

Brilio.net - Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang paling rentan mengalami masalah. Sebut saja seperti bintik hitam dan kusam akibat penumpukan sel kulit mati. Bintik hitam pada kulit terjadi akibat hiperpigmentasi. Alasannya karena kulit terlalu banyak memproduksi melanin. Faktor lainnya, yaitu paparan matahari, jaringan parut, penuaan, dan lain-lain.

Masalah kulit ini dapat disebabkan produksi melanin atau pigmen pemberi warna kulit yang berlebihan. Melanin diproduksi sel kulit bernama melanosit. Alhasil, bercak kulit menggelap muncul lebih banyak dibandingkan kulit normal di sekitarnya. Selain bintik hitam, penumpukan sel kulit mati juga menjadi masalah kulit lainnya. Kondisi ini ditandai dengan tampilan kulit yang tidak sehat dan kurang bercahaya. Selain itu juga terasa kering dan warnanya tampak lebih gelap dari biasanya.

Penumpukan sel kulit mati sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti cuaca, lingkungan, usia, dan pembersihan wajah yang kurang maksimal. Meskipun bisa dilepaskan secara alami, penumpukan tadi membuat kulit jadi kasar, tampak lelah, dan berminyak. Dengan mengangkatnya, manfaat yang bisa kamu dapat antara lain menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit, mencerahkan, mencegah kulit kusam, dan membuat produk skincare lebih mudah terserap.

Kedua permasalahan kulit itu dapat membuat kulit jadi tampak kurang menarik dan tak sehat. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selama ini tak sedikit orang memanfaatkan kopi sebagai bahan untuk membuat scrub, guna mengatasi bintik hitam dan mengangkat sel kulit mati.

Atasi bintik hitam dan sel kulit mati pakai 1 bahan kue Berbagai sumber

foto: freepik.com

Padahal tak hanya kopi, karena ada bahan lainnya yang tak kalah efektif. Seperti halnya video yang dibagikan oleh akun TikTok @nawabshoppingcenter pada 4 Agustus 2023. Dalam video tersebut pemilik akun membagikan cara atasi bintik hitam dan sel kulit mati pada kulit pakai 1 jenis bahan kue. Bahan kue yang dimaksud adalah baking soda. Selain baking soda, ia juga menggunakan bahan lain yaitu tepung beras dan curd (yoghurt).

"Remove sun tan & Dead skin in 1 day (Hapus efek sinar matahari & kulit mati dalam 1 hari)," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @nawabshoppingcenter, Senin (14/8).

(brl/wen)

tags

STORIES