Tak perlu ke dokter, begini trik rontokkan karang gigi dan atasi bau mulut hanya pakai 1 sayuran

Tak perlu ke dokter, begini trik rontokkan karang gigi dan atasi bau mulut hanya pakai 1 sayuran

Salah satu pengguna YouTube dengan kanal Gema Maulida membagikan trik menghilangkan karang gigi dan mengatasi bau mulut dengan memanfaatkan mentimun yang dikombinasikan dengan baking soda. Kandungan air yang tinggi pada mentimun bisa membantu membersihkan permukaan gigi.

Sementara adanya senyawa antiinflamasi dan antioksidan pada mentimun juga dapat mengatasi peradangan yang terjadi di gusi dan jaringan mulut. Sedangkan, baking soda memiliki sifat abrasif lembut yang membantu menghilangkan plak dan karang gigi. Di sisi lain, adanya sifat alkalis yang dimiliki baking soda ini dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Nah, penasaran bagaimana cara memanfaatkan kedua bahan tersebut untuk membersihkan karang gigi? Dilansir briliobeauty.net dari kanal YouTube Gema Maulida pada Senin (12/6), berikut langkah-langkahnya.

Bahan-bahan:

trik rontokkan karang gigi dan atasi bau mulut berbagai sumber

trik rontokkan karang gigi dan atasi bau mulut
YouTube/Gema Maulida

- 1 Buah mentimun
- Baking soda
- Pasta gigi

Cara membuat:

trik rontokkan karang gigi dan atasi bau mulut berbagai sumber

trik rontokkan karang gigi dan atasi bau mulut
YouTube/Gema Maulida

1. Cuci bersih dan kupas kulit mentimun
2. Parut bahan sayuran tersebut
3. Tambahkan satu sendok teh baking soda
4. Tuangkan satu sendok teh pasta gigi
5. Lalu, aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Gunakan campuran bahan-bahan tersebut untuk menyikat gigi kurang lebih tiga hingga lima menit. Setelah itu, kumur-kumur dengan menggunakan air bersih. Nah, agar karang gigi dan bau mulut dapat hilang dengan cepat, gunakan kombinasi bahan-bahan tersebut yaitu tiga kali dalam seminggu.

Trik simpel membersihkan karang gigi dan mengatasi bau mulut ini pun menarik perhatian pengguna YouTube lainnya. Tak sedikit yang meninggalkan komentar dengan memberikan tips lainnya.

"Assalamualaikum wr.wb ..Terimakasih atas resepnya bun...semoga bermanfaat.. request bikinliptint dong bun," tulis akun @Intiha'ul Muhimmah.

Mantep teh kreasinya. ini bisa di jadikan sebagai bahan praktek untuk menghilangkan karang gigi," komentar akun @Faiha TV Official.

"Baking soda ga bahaya kok untuk gigi kalo pake nya 1 seminggu jangan tiap hari entar gigi tipis," timpal akun @Ririn carissa putri.

"Pake arang di tumbuk...Lalu campur dengan odol... Tar juga putih...tp setelahnya agak sedikit berasa kesat...lalu gosok gigi lagi/ga usah keras2/kumur2 buat menghilangkan rasa kesat tadi," imbuh akun @asmine Jia.

Manfaat dari mentimun untuk atasi bau mulut.

Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa digunakan untuk campuran masakan ataupun lalapan. Dibalik rasanya yang segar, mentimun mempunyai sejumlah manfaat untuk kesehatan mulut, seperti mengatasi bau dan menghilangkan karang gigi. Pasalnya, mentimun memiliki sejumlah kandungan air tinggi. Ini membantu membersihkan sisa makanan di mulut yang dapat menjadi penyebab bau mulut.

Selain itu, kadar air dalam mentimun juga mampu menghidrasi dan menyegarkan napas. Adanya kandungan antioksidan dan vitamin C, mampu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut yang menyebabkan bau tak sedap.

Apakah mentimun bisa rontokkan karang gigi?

Selain bau mulut, mentimun dipercaya mampu merontokkan karang gigi. Bukan tanpa sebab, mentimun ini mengandung serat yang dapat membersihkan gigi secara alami dan mengurangi penumpukkan plak. Selain itu, mentimun mengandung enzim yang dapat membantu mengurangi plak dan karang gigi, sehingga menjaga gigi tetap bersih dan sehat.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES