Tak perlu beli produk mahal, ini cara membuat masker antiaging hanya pakai 1 bahan minuman

Tak perlu beli produk mahal, ini cara membuat masker antiaging hanya pakai 1 bahan minuman

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, kulit manusia akan semakin menunjukkan tanda-tanda penuaan. Tak hanya proses penuaan, kerutan dan garis halus bisa muncul sebagai efek dari sinar matahari, polusi, atau udara dingin dan kering. Penuaan kulit umumnya dimulai sekitar usia 25 tahun.

Tubuh secara perlahan mulai berhenti memproduksi kolagen, sehingga elastisitas kulit menurun. Perubahan ini mulai tampak sejak usia 30 tahun. Akan tetapi, proses penuaan kulit dapat terjadi lebih cepat akibat pola hidup tidak sehat, stres, atau paparan radikal bebas.

Kondisi ini tentu bisa mengganggu penampilan, sehingga untuk mengatasinya kamu perlu untuk menggunakan produk perawatan kulit yang bersifat antiaging. Produk skincare yang mengandung antiaging tentu beragam, salah satu yang wajib untuk dipakai secara rutin adalah masker antiaging.

Masker antiaging berfungsi untuk memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya garis halus dan flek hitam. Selain untuk usia 30-an dan 40-an, masker antiaging juga bisa dipakai remaja dan usia 20-an ke atas. Dengan begitu, kulit senantiasa sehat dan ternutrisi sejak dini. Masker antiaging biasanya mengandung bahan aktif yang mampu merangsang produksi kolagen dan bersifat antioksidan untuk mengatasi kerusakan kulit sekaligus melawan tanda penuaan seperti kerutan.

Tak perlu repot untuk selalu ke klinik kecantikan hingga membeli produk-produk mahal di pasaran, karena kamu Kawan bisa mengatasinya dengan menggunakan masker alami. Meski menggunakan bahan-bahan alami, namun khasiatnya tak kalah efektif lho jika digunakan secara rutin. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @clinicayurveda pada 2 April 2023 lalu.

Dalam unggahannya, ia memberikan cara membuat masker antiaging hanya dengan 1 bahan minuman. Bahan minuman yang dimaksud adalah teh hijau. Selain teh hijau, ia juga menambahkan bahan lain yaitu kunyit bubuk dan yoghurt.

"Anti-Aging Face Mask Remove Wrinkles & Fine Lines (Masker Wajah Anti Penuaan Menghilangkan Kerutan & Garis Halus)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @clinicayurveda, Kamis (25/5).

Cara membuat masker antiaging hanya dengan 1 bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Antioksidan EGCG yang berlimpah dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit. Dengan melindungi dan memperbaiki sel-sel kulit, antioksidan ini dapat memerangi tanda-tanda penuaan dan membuat kulit kusam terlihat lebih sehat. Vitamin dalam teh hijau, terutama vitamin B-2, juga dapat membuat kulit terlihat lebih awet muda. Vitamin B-2 memiliki kemampuan untuk menjaga kadar kolagen, yang dapat meningkatkan kekencangan kulit.

Sementara itu, kunyit adalah salah satu rempah yang mengandung antioksidan dengan kadar tinggi. Antioksidan yang tinggi dalam kunyit bisa membantu memperlambat proses penuaan dini. Kemudian mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV. Begitu juga dengan efek pemakaian kosmetik hingga jerawat. Kandungan kurkumin didalamnya juga berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit.

Tak terkecuali dengan yoghurt yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Hal itu bukan tanpa alasan. Bahan alami ini memang kaya akan banyak vitamin dan mineral yang juga sering digunakan dalam banyak produk perawatan kulit, termasuk seng, vitamin B, kalsium, dan asam laktat.

Bahan alami ini kaya akan asam laktat yang juga merupakan bahan yang sering digunakan dalam banyak produk perawatan kulit antiaging. Hal itu karena kandungan tersebut mampu mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta mengembalikan elastisitas kulit kamu. Selain itu, yoghurt juga mengandung antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES