Tak pakai petroleum jelly, ini cara bikin lip balm modal Rp 6.000 untuk atasi bibir mengelupas

Tak pakai petroleum jelly, ini cara bikin lip balm modal Rp 6.000 untuk atasi bibir mengelupas

Pembuatan lip balm dengan harga terjangkau ini diunggah oleh akun TikTok @lifnisanders pada 8 Juni 2020 lalu. Dalam unggahan tersebut, pemilik akun membagikan cara bikin lip balm dengan modal Rp 6.000 untuk atasi bibir mengelupas. Dengan harga Rp 6.000 itu, pemilik akun menggunakan tiga bahan yaitu beeswax, minyak kelapa, dan lipstik andalanmu.

Beeswax atau lilin lebah adalah salah satu jenis komposisi yang umum ditemukan dalam sejumlah produk kecantikan hingga perawatan bayi. Bahkan, sejak peradaban Mesir Kuno, lilin lebah sudah banyak digunakan sebagai obat topikal. Beeswax mengandung minyak dan mineral alami yang dapat melapisi dan melindungi kulit serta menjaganya agar tetap lembap.

Beeswax juga diketahui memiliki sifat humektan yang berarti dapat menyerap air dari udara dan menariknya ke permukaan kulit, sehingga kulit tetap terhidrasi. Begitupun dengan bibir yang kering dan pecah-pecah, beeswax juga mampu melembutkan dan mencegah bibir mengelupas.

Lip balm modal Rp 6.000 untuk atasi bibir mengelupas Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain digunakan untuk menggoreng makanan, minyak kelapa dipercaya bisa mengatasi berbagai permasalahan pada bibir. Bahkan, minyak kelapa juga dapat melembapkan dan menyembuhkan luka pada bibir kering. Minyak kelapa mengandung rantai asam lemak yang dikenal dengan asam laurat. Kandungan zat tersebut dianggap dapat melembapkan permukaan kulit bibir.

Minyak kelapa merupakan emolien yang diyakini sebagai pelembap alami untuk menjaga kelembapan kulit sehingga sangat ideal untuk melembapkan bibir kering dan pecah-pecah. Emolien sendiri sudah dipercaya sebagai pelembap alami yang bisa menjaga kelembapan kulit dan seringkali digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Sementara lipstik bisa kamu tambahkan untuk memberikan warna pada lip balm buatanmu.

Hanya dengan ketiga bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat lip balm yang mampu mengatasi bibir kering dan mengelupas. Berikut cara membuatnya, dilansir briliobeauty.net dari TikTok/@lifnisanders pada Jumat (4/8).

Bahan:

Lip balm modal Rp 6.000 untuk atasi bibir mengelupas Berbagai sumber

foto: TikTok/@lifnisanders

1. 1 sendok makan beeswax (estimasi harga Rp 1.500)
2. 2 sendok makan minyak kelapa (estimasi harga Rp 900)
3. Sedikit lipstik
4. Pipet (estimasi harga Rp 1.200)
5. Jar lipstik (estimasi harga Rp 3.000)

Cara membuat:

Lip balm modal Rp 6.000 untuk atasi bibir mengelupas Berbagai sumber

foto: TikTok/@lifnisanders

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah yang tahan panas
2. Lelehkan ketiga bahan tersebut menggunakan metode double boiling
3. Aduk-aduk hingga tercampur merata
4. Jika sudah meleleh, matikan kompor lalu gunakan pipet untuk memasukkan lip balm buatanmu pada jar lipstik
5. Tunggu sampai dingin dan memadat
6. Lip balm siap digunakan.

@lifnisanders not the best lip balm sih but lumayan lah buat iseng2 wkwkwk #makeup #skincare #tiktokindonesia #berbagiilmu original sound - Lifni Sanders - livjunkie

(brl/mal)

tags

STORIES