Tak hanya madu, ini cara cerahkan bekas luka dan jerawat di wajah pakai kulit 1 jenis buah

Tak hanya madu, ini cara cerahkan bekas luka dan jerawat di wajah pakai kulit 1 jenis buah

Brilio.net - Jerawat muncul karena pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati yang bersifat kotor. Penyumbatan ini memicu bakteri jerawat, seperti propionibacterium acnes, untuk berkembang biak dengan cepat di dalamnya sehingga menimbulkan peradangan kulit.

Jerawat umumnya dapat meninggalkan bekas luka akibat peradangan. Dunia medis sendiri mengelompokkan bekas jerawat menjadi 2 jenis, yaitu noda kecokelatan (PIH/post-inflammatory hyperpigmentation) dan bekas kemerahan PIE (post-inflammatory erythema). Kedua bekas luka ini muncul sebagai akibat dari peradangan jerawat yang menimbulkan iritasi dan luka pada jaringan kulit.

PIH sendiri muncul dari proses peradangan jerawat yang merusak jaringan dan struktur kulit. Dalam merespon kerusakan tersebut, sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kulit membawa melanin berlebih sehingga menyebabkan munculnya noda gelap. Sementara itu, PIE atau bekas kemerahan terjadi akibat adanya pelebaran dan kerusakan pembuluh darah pada saat jerawat meradang. Akibatnya, lapisan pelindung alami kulit pun menjadi rusak dan memicu timbulnya bercak-bercak kemerahan tanda iritasi.

Untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, kamu bisa mencoba menggunakan bahan alami sebagai solusi alternatif. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kulit pisang, madu, dan bubuk kopi, seperti yang diperagakan oleh @manpreetmannii melalui Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (20/9).

cerahkan bekas luka dan jerawat  Instagram

foto: freepik.com

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES