Tak hanya madu, ini cara bikin wajah kering dan kasar jadi lembut pakai tambahan 1 produk fermentasi

Tak hanya madu, ini cara bikin wajah kering dan kasar jadi lembut pakai tambahan 1 produk fermentasi

Brilio.net - Kulit kering merupakan salah satu tipe kulit yang dimiliki oleh banyak orang. Kondisi kulit kering muncul akibat hilangnya kemampuan kulit dalam mempertahankan kelembapan alami di dalamnya. Hal ini kemudian menyebabkan orang dengan kulit kering sering merasa tidak nyaman akibat munculnya iritasi.

Faktor dehidrasi menjadi pemicu utama kulit kering. Tubuh yang dehidrasi akan kekurangan kapasitas cairan sehingga tidak mampu menyuplai kelembapan yang diperlukan kulit. Sementara itu, faktor eksternal seperti paparan sinar matahari hingga suhu dingin dapat membuat udara menjadi kering, sehingga berakhir menarik kelembapan alami dan air dari dalam kulit secara cepat.

Apabila tidak ditangani dengan baik, kondisi kulit kering ini dapat memunculkan banyak masalah lain, seperti terganggunya proses regenerasi kulit. Pasalnya, kemampuan kulit dalam mempertahankan elastisitas kulit melalui produksi kolagen juga akan menurun apabila kelembapannya berkurang. Dalam prosesnya, tekstur kulit pun akan mengalami perubahan dari awalnya lembut menjadi terasa kasar, sehingga akan terlihat buruk.

Namun begitu, kamu nggak perlu bingung. Kamu bisa mencoba mengatasi masalah di atas dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan campuran yoghurt dengan madu, kunyit, dan lemon. Cara ini sendiri telah diperagakan oleh @manpreetmannii di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Selasa (5/12).

wajah kering dan kasar jadi lembut  Instagram

foto: freepik.com

Makanan hasil fermentasi susu ini mengandung asam laktat alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit baru. Kandungan bakteri baik dalam yoghurt bekerja dengan menjaga keseimbangan pH kulit, mencegah infeksi, dan mengurangi peradangan. Selain itu, yoghurt memiliki sifat melembapkan dan menenangkan kulit sehingga baik untuk menangani masalah kerutan yang acap muncul pada kulit kering.

wajah kering dan kasar jadi lembut  Instagram

foto: freepik.com

Madu merupakan bahan alami yang telah diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Kandungan nutrisi enzim dan vitamin dalam madu membantu memberi kelembapan pada kulit sekaligus mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus. Selain itu, madu juga dapat mengurangi efek iritasi yang sering muncul pada kulit kering.

wajah kering dan kasar jadi lembut  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk kunyit sendiri merupakan rempah dapur dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Selain mengurangi peradangan pada kulit yang kering dan kasar, kandungan kurkumin di dalamnya juga dapat membantu mempertahankan kelembapan dan memberikan kilau alami pada kulit.

wajah kering dan kasar jadi lembut  Instagram

foto: freepik.com

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Vitamin C memiliki peran penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Dengan meningkatkan produksi kolagen, ekstrak lemon membantu memberi kelembapan sekaligus menghaluskan tekstur kulit. Antioksidan dalam lemon juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang proses regenerasi kulit.

Untuk memanfaatkan keempat bahan di atas, kamu cukup mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan yoghurt murni
2. Madu murni secukupnya
3. Sejumput bubuk kunyit
4. 1/2 potong buah lemon
5. Wadah kecil

wajah kering dan kasar jadi lembut  Instagram

foto: Instagram/@manpreetmannii

Langkah pengerjaan:

1. Masukkan 1 sendok makan yoghurt murni dalam sebuah murni.
2. Tuangkan sedikit madu murni setelahnya.
3. Tambahkan pula sejumput bubuk kunyit bersama bahan-bahan tadi.
4. Terakhir, peraslah 1/2 potong buah lemon dalam wadah tersebut.
5. Aduk seluruh bahan hingga menjadi kental dan tercampur rata.
6. Oleskan campuran ini ke wajah secara menyeluruh sebagai masker, lalu diamkan selama 15-20 menit.
7. Setelahnya, usap wajah dengan gerakan melingkar selama 2-3 menit sebelum dibilas hingga bersih.
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/wen)

tags

STORIES