Tak ditambah kunyit, ini cara bikin wajah kenyal minim kerutan pakai krim dari 1 jenis rempah

Tak ditambah kunyit, ini cara bikin wajah kenyal minim kerutan pakai krim dari 1 jenis rempah

Untuk meminimalisir dampak penuaan di atas, kamu nggak perlu bingung. Selain menggunakan produk-produk skincare yang dijual di pasaran, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai alternatif. Seperti menggunakan campuran saffron bersama air mawar, aloe vera, dan minyak kelapa seperti yang ditunjukkan oleh @mayankgandhi25 di Instagram.

wajah kenyal minim  Instagram

foto: freepik.com

Saffron merupakan sejenis rempah yang diperoleh dari bunga Crocus sativus. Saffron sendiri kaya akan senyawa bioaktif seperti crocin, crocetin, safranal, dan zeaxanthin yang penuh manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melawan kerusakan kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat merangsang produksi kolagen pada kulit, sehingga mengurangi penampilan kerutan dan bintik-bintik yang muncul akibat proses penuaan.

wajah kenyal minim  Instagram

foto: freepik.com

Air dari ekstraksi bunga mawar kaya akan vitamin serta antioksidan, seperti flavonoid dan tanin. Sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dibawa oleh senyawa di atas kemudian mampu menyegarkan kulit dan meminimalisir iritasi pada kulit. Tak hanya itu, komponen vitamin A dan C juga dapat bekerja secara efektif mengurangi kerutan pada kulit dengan menstimulasi proses regenerasi, sehingga akan menghasilkan wajah yang lebih halus.

wajah kenyal minim  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera telah lama dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kulit. Gel dari daun aloe vera mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meredakan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Di sisi lain, kandungan asam amino dan vitamin dalam aloe vera membantu merangsang produksi kolagen dan elastin untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

wajah kenyal minim  Instagram

foto: freepik.com

Minyak kelapa memiliki beragam kandungan asam lemak, termasuk asam laurat, asam kaprilat, dan asam kaprat sebagai antioksidan yang dapat mengurangi efek buruk radikal bebas di kulit. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung vitamin E, K, dan mineral esensial seperti zat besi yang dapat menyediakan hidrasi alami dan menjaga kelembapan kulit, sehingga dalam prosesnya akan meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

Penggunaan keempat bahan di atas ini sendiri bisa kamu manfaatkan sebagai krim. Berikut petunjuk cara meraciknya, dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram/@mayankgandhi25 pada Jumat (5/1).

Alat dan bahan:

1. Helaian bunga saffron secukupnya
2. 1 sendok makan gel aloe vera
3. 1/2 sendok makan minyak kelapa
4. 1 sendok makan air mawar
5. Kapsul minyak vitamin E (opsional, bila ada)
6. Wadah dan jar kecil

Langkah pengerjaan:

wajah kenyal minim  Instagram

foto: Instagram/@mayankgandhi25

1. Masukkan beberapa helai saffron dalam sebuah kertas, lalu panaskan kertas tersebut di atas kompor selama 1-2 menit
2. Setelahnya, masukkan helaian saffron tersebut ke dalam sebuah wadah kecil
3. Tambahkan air mawar dan gel aloe vera masing-masing 1 sendok makan setelahnya
4. Tuangkan pula 1/2 sendok makan minyak kelapa ke dalam wadah tadi
5. Bila ada, tambahkanlah 1 kapsul vitamin E ke dalam campuran tadi (opsional)
6. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
7. Aplikasikan krim ini rutin setiap malam ke wajah secara merata dan biarkan menyerap sempurna.

(brl/mal)

tags

STORIES