Tak dicampur oatmeal, ini trik atasi kulit iritasi akibat sinar UV hanya pakai krim dari 2 bahan alami

Tak dicampur oatmeal, ini trik atasi kulit iritasi akibat sinar UV hanya pakai krim dari 2 bahan alami

Brilio.net - Kulit iritasi akibat sinar UV (sunburn) merupakan kondisi di mana lapisan pelindung kulit mengalami peradangan atau teriritasi, yang disebabkan paparan sinar matahari berlebih. Perlu kamu ketahui, sinar UV merupakan salah satu bagian dari matahari yang memberikan dampak buruk pada kesehatan kulit. Biasanya orang yang mengalami kondisi ini merasakan kulit seperti terbakar.

Sinar matahari memiliki dua jenis, sinar UVB dan UVA. Keduanya memiliki dampak buruk yang berbeda pada kulit. Sinar UVB bisa merusak epidermis atau lapisan atas kulit dan menginduksi peradangan dan kemerahan pada kulit.

Sementara, paparan sinar UVA tidak beda jauh ganasnya dengan sinar UVB. Jenis sinar satu ini bisa merusak lapisan kulit yang lebih dalam. Paparan berkepanjangan yang disebabkan sinar UVA ini bisa menyebabkan kanker kulit.

Terdapat beberapa tanda jika kulit terkena paparan sinar UV, seperti kemerahan, terasa panas, gatal, nyeri, terjadi pembengkakan, dan kulit mengelupas, serta kering.

Selain itu, adanya paparan sinar matahari berlebih juga bisa membuat tanda penuaan muncul lebih cepat. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menjaga kulit dengan menggunakan sunscreen. Di sisi lain, jika kulit sudah terkena iritasi, kamu bisa mengatasi dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES