Tak cuma tepung beras, ini cara bikin pori-pori rapat dan bersih dari kotoran pakai 1 jenis minuman

Tak cuma tepung beras, ini cara bikin pori-pori rapat dan bersih dari kotoran pakai 1 jenis minuman

Pemilik akun tersebut menggunakan campuran teh hijau, tepung beras, dan madu untuk mengecilkan pori-pori secara alami. Teh hijau telah lama dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan manfaatnya untuk kesehatan kulit. Dilansir dari US National Institutes of Health, senyawa polifenol dalam teh hijau memiliki sifat sebagai antioksidan alami yang dapat membantu mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit.

rapat dan bersih dari kotoran  Instagram

foto: freepik.com

Selain itu, kandungan senyawa tersebut juga dapat mengurangi penyumbatan pada pori-pori. Nggak cukup sampai di situ, teh hijau juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan peradangan berkat sifat anti-inflamasinya. Dengan segudang manfaat yang dimiliki, nggak salah kalau teh hijau sering digunakan sebagai bahan utama untuk produk skincare.

rapat dan bersih dari kotoran  Instagram

foto: freepik.com

Tepung beras merupakan bahan alami lain yang efektif untuk mengatasi pori-pori. Tepung beras mengandung nutrisi seperti vitamin B, mineral, dan asam amino yang berguna untuk memberikan nutrisi yang sehat pada kulit. Tepung beras memiliki sifat eksfoliator dan absorben yang mampu menyerap minyak berlebih dari kulit dan membersihkan pori-pori, sehingga mengurangi jumlah kotoran di kulit.

rapat dan bersih dari kotoran  Instagram

foto: freepik.com

Madu sejatinya kaya akan antioksidan, enzim, vitamin, dan mineral. Menurut School of Botanical and Medical Aesthetics, gabungan komponen ini membuat madu efektif dalam membantu membersihkan pori-pori wajah dari kotoran dan mengurangi produksi sebum. Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit yang bisa dipicu oleh kotornya pori-pori, seperti komedo dan jerawat.

Yuk, simak cara memanfaatkan ketiga bahan alami tersebut untuk mengecilkan pori-pori, seperti dilansir briliobeauty.net dari Instagram/@shiwangivijaywargiya pada Rabu (13/12).

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh madu murni
2. 1 sendok teh tepung beras
3. 1 bungkus teh hijau
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

rapat dan bersih dari kotoran  Instagram

foto: Instagram/@shiwangivijaywargiya

1. Campurkan madu dan tepung beras masing-masing 1 sendok teh dalam wadah kecil
2. Tambahkan 1 bungkus bubuk teh hijau setelahnya
3. Aduk hingga semua bahan tercampur rata
4. Aplikasikan campuran ini ke wajah dan leher secara merata, lalu diamkan selama 10 menit
5. Setelah 10 menit, gosok lembut campuran berbentuk scrub tersebut selama beberapa saat
6. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari residunya.

(brl/mal)

tags

STORIES