Tak cuma susu, ini cara pudarkan bekas jerawat dan flek hitam pakai 3 jenis buah

Tak cuma susu, ini cara pudarkan bekas jerawat dan flek hitam pakai 3 jenis buah

Brilio.net - Flek hitam dan jerawat merupakan 2 masalah utama yang menyebabkan munculnya noda penggelapan pada kulit. Biasanya, flek hitam ditandai dengan beberapa bagian wajah dipenuhi titik-titik pigmentasi yang menyebabkan warna kulit lebih gelap dibandingkan bagian lainnya.

Hal ini umumnya dikarenakan paparan sinar UV dari matahari, terutama UVB. Paparan sinar ini dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin, pigmen yang memberi warna kulit. Akibatnya, produksi melanin yang berlebihan ini pun akan berbuah menjadi flek hitam.

Tidak hanya itu, noda hitam pada kulit pun bisa disebabkan oleh masalah jerawat. Hal ini dikarenakan jerawat dapat meninggalkan bekas berupa noda kecokelatan, atau dalam istilah medis dikenal dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Kasus dimana jerawat bisa meninggalkan bekas ini muncul karena proses peradangan jerawat yang merusak jaringan kulit. Sel-sel kulit baru yang kemudian tumbuh untuk memperbaiki kerusakan ini dapat mengandung melanin berlebih sehingga menyebabkan munculnya noda gelap pada kulit.

Kedua masalah di atas jelas dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. Namun begitu, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif yang tentunya hemat di kantong. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan ialah berupa campuran susu dengan buah timun, tomat, dan lemon. Hal ini sebagaimana dibagikan pengguna akun Instagram @priya.creations09, dilansir briliobeauty.net pada Senin (21/8).

cara pudarkan bekas jerawat dan flek hitam  Instagram

foto: freepik.com

Mentimun merupakan buah yang memiliki jumlah kandungan air yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kelembapan dan skin barrier kulit. Mentimun juga mengandung vitamin C dan caffeic acid yang memiliki sifat antioksidan dan mampu mengurangi efek penggelapan pada kulit. Plus, mentimun juga mampu memberikan efek menenangkan pada kulit yang mengalami iritasi.

(brl/jad)

tags

STORIES