Cegah jerawat dan komedo, begini cara mengurangi minyak di wajah pakai 1 jenis sayuran

Cegah jerawat dan komedo, begini cara mengurangi minyak di wajah pakai 1 jenis sayuran

Brilio.net - Terkadang, kulit wajah berminyak dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi sebagian orang. Buat kamu yang punya jenis kulit berminyak, wajah kamu memang cenderung mengeluarkan minyak secara berlebihan. Tidak peduli seberapa sering kamu coba menghilangkannya, wajah akan kembali berminyak dalam waktu yang singkat.

Tentunya hal ini sangat mengganggu, karena selain makeup jadi mudah luntur, wajah yang mengkilap karena berminyak juga nggak enak dilihat. Minyak alami wajah atau atau sebum sebenarnya baik untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah keriput.

Namun, minyak yang berlebihan bisa menyumbat pori-pori serta menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan kotoran menjadi lebih mudah menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori.

Selain itu, sel-sel kulit mati pada orang dengan tipe wajah berminyak biasanya sulit untuk luruh dan terlepas. Akibatnya, sel kulit mati yang seharusnya rontok justru menyumbat pori-pori wajah.

Meningkatnya produksi minyak di permukaan kulit bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan, gangguan hormon, pertambahan usia, sering berkeringat, atau stres berlebihan. Masalah kulit ini bisa makin parah apalagi jika kamu tidak melakukan perawatan wajah yang tepat. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu bisa menyimak cara mengurangi minyak di wajah seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @diybeautybykas pada 10 Januari 2021 lalu.

Dalam unggahan tersebut pemilik akun ingin membagikan cara mengurangi minyak di wajah pakai 1 jenis sayuran. Sayuran yang digunakan adalah wortel. Namun tak hanya wortel, karena pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu tepung gram.

"DIY MASK FOR OILY SKIN (DIY MASKER UNTUK KULIT BERMINYAK)," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @diybeautybykas, Selasa (6/6).

Cara mengurangi minyak di wajah pakai 1 jenis sayuran Berbagai sumber

foto: freepik.com

Wortel tidak hanya dikenal bagus untuk kesehatan mata. Tapi, juga baik buat perawatan kulit wajah. Wortel mengandung vitamin C dan nutrisi lainnya yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah, seperti mengurangi flek hitam, mencerahkan kulit, mencegah penuaan dan sebagainya.

Manfaat wortel untuk kecantikan yang lainnya yaitu bisa mengurangi kulit yang berminyak. Masker wortel akan berperan penting dalam perawatan kulit wajah yang berminyak, membuang sel kulit mati, serta mengencangkan kulit. Masalah kulit berminyak kerap berhubungan dengan pori-pori kulit.

Sayuran wortel dapat membuat kulitmu menjadi lebih bersih dan lembut secara alami. Selain itu, wortel juga dapat mengontrol kadar minyak pada kulit untuk mengurangi timbulnya jerawat.

Sedangkan, tepung gram atau besan adalah tepung yang didapat setelah menggiling buncis panggang atau mentah. Tepung ini kaya akan protein, asam lemak tak jenuh seperti asam linoleat dan oleat, vitamin seperti riboflavin, niasin, folat, dan beta-karoten. Tepung gram juga memiliki sifat alkalizing yang menjaga tingkat pH kulit jadi seimbang. Kandungan tersebut juga dapat membantu menyerap produksi minyak berlebih pada wajahmu.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES