Tak cuma pakai kopi, ini cara atasi wajah kusam agar cerah merata dengan tambahan 2 bahan alami

Tak cuma pakai kopi, ini cara atasi wajah kusam agar cerah merata dengan tambahan 2 bahan alami

Brilio.net - Bermukim di negara tropis seperti Indonesia dengan paparan sinar matahari tinggi, memang membutuhkan perawatan kulit yang ekstra, terutama pada area wajah. Pasalnya, paparan sinar UV dari matahari dapat berdampak buruk bagi kulit dan menyebabkan berbagai masalah. Beberapa masalah yang mungkin muncul di antaranya adalah wajah kusam, flek hitam, dan berbagai tanda penuaan kulit.

Wajah kusam adalah kondisi kulit area wajah tampak lebih gelap dari warna asli kulit, tidak bercahaya, lelah, dan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Selain paparan sinar matahari, wajah kusam juga disebabkan oleh faktor lain. Seperti tidak menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, polusi, faktor penuaan, penumpukan sel kulit mati, hingga sisa makeup.

Meski begitu, sinar matahari adalah penyebab utama wajah jadi kusam. Pasalnya sinar UV matahari memiliki dampak buruk untuk kulit. Sehingga kulit akan secara otomatis memproduksi zat melanin sebagai perlindungan alami. Melanin sendiri merupakan zat alami pemberi warna kulit, yang jika produksinya terlalu banyak maka akan muncul bintik-bintik kehitaman di beberapa area wajah.

Kondisi ini biasa disebut dengan hiperpigmentasi. Jika terus dibiarkan, maka wajah akan tampak menggelap dan kusam. Hal ini cukup membuat setiap orang yang mengalaminya jadi kurang percaya diri. Oleh karena itu, perlu melakukan perawatan yang tepat untuk mengatasi wajah kusam. Ada banyak cara untuk mengatasi wajah kusam agar kembali cerah merata.

Seperti melakukan perawatan di klinik kecantikan hingga merawat wajah menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya yang dibagikan oleh pengguna TikTok melalui akun pribadinya @punithaacu_freelancemua pada 26 Maret 2022, yang berisi tentang cara atasi wajah kusam agar cerah merata dengan kopi dan tambahan 2 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah susu cair dan bubuk gelatin.

Kopi atasi wajah kusam agar cerah merata TikTok

foto: TikTok/@punithaacu_freelancemua

"How to whiten your face (Cara memutihkan wajah)," kata pemilik akun dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @punithaacu_freelancemua, Jumat (29/3).



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES