Step by step pakai retinol untuk pemula, aman dan nggak bikin iritasi

Step by step pakai retinol untuk pemula, aman dan nggak bikin iritasi

Brilio.net - Produk skincare dengan berbagai bahan aktif tengah ramai diterapkan sejak tahun lalu. Tren tersebut muncul bersamaan dengan beberapa bahan aktif yang sontak menjadi buruan banyak orang. Salah satunya adalah retinol. Retinol merupakan bahan aktif yang mampu mencegah proses penuaan kulit dan membuat wajah lebih cerah.

Akibat tren tersebut, semakin banyak merek skincare lokal yang menghadirkan produk dengan kandungan retinol. Sayangnya, banyaknya pembelian produk yang mengandung retinol tidak dibarengi dengan edukasi pemakaian skincare tersebut.

Sehingga, pemakaian retinol pun belum tentu optimal bagi setiap orang. Bahkan, tidak sedikit orang yang merasa kurang cocok memakai retinol dan mengalami masalah kulit cukup parah.

Step by step pakai retinol untuk pemula TikTok

foto: TikTok/@dvitasss

Maka dari itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memakai retinol. Hal pertama adalah memilih produk dengan kandungan retinol berkonsentrasi rendah agar lebih aman untuk kulit. Selanjutnya, lakukan patch test atau aplikasikan produk pada punggung tangan maupun leher terlebih dulu untuk mengetahui respons kulit terhadap kandungan tersebut.

Jika sudah merasa cocok, kamu bisa menambahkan retinol dalan rangkaian skincare rutinmu. Tapi, kamu juga harus paham tahapan yang tepat agar mendapatkan hasil yang lebih optimal serta terhindar dari efek buruk yang dihasilkan, salah satunya adalah iritasi kulit. Seperti yang telah dibagikan oleh salah satu beauty content creator di akun TikTok @dvitasss pada 26 Agustus 2022.

Step by step pakai retinol untuk pemula TikTok

foto: TikTok/@dvitasss

Dalam video yang berdurasi 21 detik tersebut Devita membagikan step by step pakai retinol untuk pemula yang aman dan nggak bikin iritasi. "Step by step pakai retinol, aman bgt gabikin kulit iritasi!! 20thn keatas wajib bgt pake retinol," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @dvitasss, Rabu (7/12).

Tahap pertama, yaitu bersihkan wajah menggunakan facial wash terlebih dahulu. Saat proses membersihkan wajah ini, pastikan wajahmu benar-benar bersih dari sisa makeup atau kotoran yang menempel. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan efektivitas retinol pada kulitmu. Setelah itu, lanjutkan dengan memakai hydrating toner untuk melembapkan kulitmu yang kering setelah proses mencuci wajah.

Step by step pakai retinol untuk pemula TikTok

foto: TikTok/@dvitasss

Jika toner sudah menyerap, langsung aplikasikan retinol serum andalanmu ke seluruh wajah. Jangan gunakan terlalu banyak produk, cukup pakai 2-3 pump untuk seluruh wajah. Tahap terakhir adalah menggunakan moisturizer untuk mengunci skincare sebelumnya sekaligus mengoptimalkan hidrasi wajahmu. Dengan rutin menggunakan retinol, terutama saat malam hari, wajahmu akan tampak lebih cerah, glowing, dan tekstur kulit lebih halus saat bangaun tidur.

Namun, tak ada salahnya juga jika kamu ingin menggunakan retinol sebagai skincare pagimu. Tapi, jangan lupa untuk oleskan sunscreen pada pagi hari setelah pemakaian retinol, karena retinol membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Agar terhindar dari iritasi, kamu cukup menggunakan retinol 2-3 kali dalam seminggu.

Step by step pakai retinol untuk pemula TikTok

foto: TikTok/@dvitasss

Tak butuh waktu lama, video unggahannya tersebut mendadak viral. Bahkan hingga saat ini, videonya sudah ditonton sebanyak 640,9 ribu kali dan menuai lebih dari 330 komentar beragam dari warganet.

"sangat cerah bgtt," komentar pemilik akun @aripaariynto.

"Habis pake retinol boleh pakai night cream ga," tanya akun @calonistrimu59.

"ka sebelum mau mulai pakai retinol kan aku pakai krim lain ya itu apa di netralin dlu wajah nya apa engga," kata pemilik akun @ernialifhusna.

"glowing bngt," celetuk pemilik akun @siwiiutami.

"mksh tips nya kak Devi," tulis akun @h.elldaa0230.

@dvitasss Step by step pakai retinol, aman bgt gabikin kulit iritasi!! 20thn keatas wajib bgt pake retinol #retinolskincare #retinolrenewalserum #retinolpratista #pratistaretinol #pratistaskincare #pratistaindonesia #xyzbca suara asli - udin

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES