Skin cycling jadi tren metode perawatan wajah terbaru, yuk intip step by stepnya

Skin cycling jadi tren metode perawatan wajah terbaru, yuk intip step by stepnya

Brilio.net - Seiring berjalannya waktu, metode kecantikan semakin berkembang. Seperti perawatan wajah yang kini memiliki beragam metode. Belakangan ini, terdapat sebuah tren kecantikan yang viral di media sosial, khususnya TikTok, tren kecantikan tersebut adalah skin cycling.

Metode skin cycling pertama kali dicetuskan seorang dokter bernama Dr. Whitney Bowe yang merupakan dokter kulit di New York. Selain menjadi dokter kulit, Dr. Whitney Bowe juga cukup dikenal di TikTok dengan jumlah pengikut hampir 1,1 juta.

Dalam akun TikTok miliknya, Dr. Whitney Bowe tidak hanya membagikan informasi yang berkaitan dengan skincare, ia juga rutin membagikan informasi tentang skin cycling. Dikutip briliobeauty.net dari Pop Sugar, Rabu (14/12), skin cycling merupakan metode perawatan kulit yang efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan wajah.

Metode perawatan skin cycling banyak dicoba beauty enthusiast, salah satunya pemilik akun TikTok @sarabloom yang mencoba menggunakan metode skin cycling sebagai perawatan rutin kulit wajahnya.

Nah, metode skin cycling ini cukup mudah untuk dilakukan. Terdapat beberapa tahapan yang dilakukan dalam 4 malam ketika menggunakan metode kecantikan ini.

Skin cycling jadi tren metode perawatan wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@sarabloom

Malam pertama yaitu melakukan eksfoliasi atau malam pengelupasan kulit. Pada malam ini kamu harus mempersiapkan untuk membersihkan pori-pori serta pengelupasan kulit mati dan kusam. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan wajah secara lembut menggunakan micellar water dan tunggu hingga kering. Ketika melakukan langkah pertama, kamu disarankan menggunakan produk eksfoliasi yang memiliki kandungan berupa asam alfa.

Skin cycling jadi tren metode perawatan wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@sarabloom

Malam kedua yaitu menggunakan retinoid yang bisa membantu regenerasi sel kulit lebih cepat. Kamu bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan vitamin A yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan, hiperpigmentasi, dan mengatasi jerawat.

Namun perlu diingat, ketika menggunakan retinoid harus digunakan secara hati-hati. Hal ini lantaran retinoid termasuk bahan aktif yang kuat. Untuk mengatasi kulit iritasi, Dr. Whitney Bowe menyarankan untuk menggunakan pelembap terlebih dahulu.

Malam ketiga dan keempat merupakan malam pemulihan. Maka dari itu, kamu hanya perlu membersihkan wajah, kemudian menggunakan serum ataupun pelembap. Perlu diperhatikan, pada tahapan ini pastikan penggunaan skincare bebas dari kandungan pewangi.

Kamu dianjurkan untuk menggunakan skincare berbahan asam hialuronat, ceramide, dan gliserin. Semua kandungan tersebut bisa membuat kulit menjadi lembap. Setelah malam keempat, rutinitas skincare kembali lagi ke malam pertama.

Berbicara mengenai skin cycling, metode kecantikan ini memiliki beberapa manfaat bagi setiap jenis kulit. Perawatan wajah menggunakan skin cycling bagi pemilik kulit sensitif atau kering bisa meningkatkan tingkat kelembapan. Hal ini bisa terjadi karena adanya penggunaan retinol.

Sementara itu, untuk kulit berjerawat bisa mendapatkan manfaatnya ketika melakukan tahapan pada malam ketiga.

Nah itulah penjelasan dan cara menggunakan metode skin cycling yang bisa kamu coba di rumah. Unggahan video yang dibagikan oleh @sarabloom itu pun mencuri perhatian hingga dibanjiri berbagai komentar dari netizen.

"tak faham, recovery night itu ape?" tanya akun @Myluvdba.

"Malam pemulihan merupakan tahapan dimana kamu tidak menggunakan retinoid ataupun eksfoliasi dan hanya berfokus pada hydration saja," jelas pemilik video @sarabloom.

"Aaa terimaksih sudah membagikan video ini. Saya sudah siap untuk mencoba metode skin cycling untuk kulit ku yang kurang baik," akun @mashimashi berkomentar.

"Hi bisa kah aku mencampurkan tretinon 0.05 dengan retinol di satu rangkaian skincare? tanya akun @nobody.

"Tolong jangan lakukan itu. Cukup gunakan salah satu saja karena keduanya retinoid," jelas @sarabloom.

@sarabloom And the result is astonishing! #skincycling #skincyclingroutine #retinol #skincare #skincareroutine #skincaretips #skincaretiktok #fyp #fypmalaysia suara asli - L o f i_C h i l l

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES