Rontok tak bersisa dalam 5 menit, ini trik hilangkan karang gigi cuma pakai 2 bahan dapur

Rontok tak bersisa dalam 5 menit, ini trik hilangkan karang gigi cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net -Gigi adalah bagian tubuh yang sangat penting dan memiliki peran utama dalam membantu pencernaan makanan. Gigi berfungsi untuk memotong, menghancurkan, dan menghaluskan makanan sebelum dicerna oleh tubuh. Hal ini membuat gigi memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, jika gigi tidak dalam kondisi yang baik, hal ini justru akan mengganggu proses pencernaan yang efisien.

Namun, bagi beberapa orang, mencapai kondisi gigi yang sehat bukanlah suatu hal yang mudah. Hal ini dikarenakan gigi tadi pada dasarnya juga terus-menerus terpapar oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Proses ini kemudian berpotensi membentuk suatu masalah yang disebut karang gigi.

Secara umum, terbentuknya karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak lapisan lengket yang terdiri dari bakteri, sisa makanan, dan air liur- yang menempel pada permukaan gigi. Artinya, faktor utama yang mendasari terbentuknya karang gigi tersebut adalah konsumsi makan minum yang kurang menyehatkan serta cara menggosok gigi yang tidak optimal kebersihannya. Apabila dibiarkan, lambat laun karang gigi ini dapat menyebabkan terjadinya berbagai masalah mengkhawatirkan lainnya seperti lubang dan radang infeksi pada gigi.

Akan tetapi, kamu nggak perlu panik kok. Apabila karang gigi kamu terlihat telah menumpuk dan berpotensi memicu penyakit gigi lainnya, tentunya kamu bisa berkonsultasi secara langsung ke dokter terkait.

Namun, kamu juga bisa menyeimbanginya dengan upaya rutin membersihkan karang gigi secara alami lho. Salah satu caranya ditunjukkan oleh @nicputra melalui TikTok sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Senin (19/2). Triknya tinggal menggunakan baking soda dan garam saja lho, gampang banget kan?

tak bersisa dalam 5 menit  TikTok

foto: freepik.com

Baking soda, atau natrium bikarbonat, adalah senyawa alkali yang sering digunakan sebagai salah satu bahan masak. Namun begitu, produk ini rupanya juga memiliki fungsi baik dalam perawatan gigi lho.

Baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan plak dan noda kuning dengan mengikis karang gigi dan memutihkannya. Selain itu, sifat alkali baking soda membantu menetralkan keasaman di mulut, yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi.

tak bersisa dalam 5 menit  TikTok

foto: freepik.com

Sementara itu, garam juga memiliki manfaat yang signifikan dalam mengatasi masalah karang gigi. Garam mengandung mineral berjumlah tinggi seperti kalsium, magnesium, dan fosfor yang merupakan kandungan penting dalam menjaga kesehatan gigi. Sementara itu, sifat antimikroba yang dimiliki garam dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut, sehingga mengurangi risiko infeksi dan peradangan pada gigi.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES