Bebas bau mulut, ini trik menghilangkan plak dan karang gigi pakai 1 jenis buah

Bebas bau mulut, ini trik menghilangkan plak dan karang gigi pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Masalah bau mulut memang sangat mengganggu. Salah satu penyebabnya adalah adanya plak dan karang gigi. Plak gigi terbentuk dari penumpukan sisa makanan di celah gigi dan menyerupai lapisan tipis berwarna kekuningan. Plak gigi yang tidak segera ditangani akan mengeras dan menimbulkan karang gigi yang berisiko kerusakan pada jaringan gigi dan gusi.

Plak gigi bisa muncul karena tidak rutin membersihkan sisa makanan yang melekat di celah gigi atau cara menyikat gigi yang tidak benar. Penumpukan sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan akan bereaksi dengan bakteri di mulut. Jika tidak ditangani segera, penumpukan sisa makanan dan bakteri akan membentuk plak yang akan mengeras dan membentuk karang gigi. Ujungnya, karang gigi bisa menyebabkan kerusakan gigi yang parah.

Plak tidak menimbulkan rasa nyeri di gigi, sehingga jarang disadari hingga mengeras dan membentuk karang gigi. Plak yang sudah berbentuk karang gigi akan lebih sulit dihilangkan. Dibandingkan plak, tekstur karang gigi lebih keras dan sulit dihilangkan jika hanya disikat.

Gigi yang terlihat berwarna kekuningan akibat plak gigi bisa mengganggu penampilan, bahkan menurunkan kepercayaan diri. Selain itu, plak gigi bisa memicu bau mulut dan gangguan pada gusi. Nah, sebagai solusinya kamu bisa melakukan beberapa cara. Mulai dari membersihkan gigi secara rutin, perawatan di dokter gigi, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami untuk merontokkan karang gigi dan menghilangkan plak.

Salah satunya seperti video yang diunggah oleh pengguna TikTok dengan nama akun @hani.inspirasi.sehat.ind pada 8 Mei 2023 lalu. Dalam unggahannya, ia membagikan trik menghilangkan plak dan karang gigi pakai 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah jeruk nipis. Selain itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu baking soda dan pasta gigi.

"Cara membersihkan karang gigi & plak," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @hani.inspirasi.sehat.ind, Rabu (7/6).

Trik menghilangkan plak dan karang gigi pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menghilangkan noda pada baju. Tapi ada juga manfaat dari jeruk nipis yang belum banyak diketahui orang. Jeruk yang berbentuk kecil dan identik dengan rasa asamnya ini ternyata juga bisa menghilangkan karang gigi lho.

Kadar asam pada jeruk nipis bisa membantu untuk membersihkan plak pada gigi. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering meminumnya. Hal tersebut karena kadar asam pada jeruk nipis memiliki efek buruk jika digunakan secara berlebihan.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES