Redakan bengkak dan nyeri, begini cara mengatasi cantengan secara alami pakai 1 bahan dapur

Redakan bengkak dan nyeri, begini cara mengatasi cantengan secara alami pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Masalah pada kuku kerap kali menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu masalah kuku yang lazim terjadi adalah cantengan. Cantengan merupakan infeksi di sekitar kuku karena kuku bagian tepi tumbuh terlalu dalam di kulit. Akibatnya, jari menjadi bengkak disertai rasa nyeri. Bahkan, dalam kondisi parah, cantengan menyebabkan infeksi dan mengeluarkan nanah.

Saat seseorang mengalami kuku cantengan, daging di sekitar kuku cantengan akan berwarna merah dan terasa sakit. Umumnya, penyebab munculnya cantengan karena kebiasaan memotong kuku terlalu pendek, sehingga menyebabkan kuku bertumbuh ke dalam.

Selain itu, penyebab lainnya seperti memakai sepatu terlalu sempit atau jari menabrak sesuatu hingga cedera. Jika cantengan tidak segera diobati, maka langkah yang harus diambil yaitu dengan melakukan tindakan operasi.

Namun tak perlu khawatir, jika kondisi cantengan masih terbilang ringan, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara sederhana di rumah. Bahkan kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan di dapurmu, lho. Salah satunya seperti yang dibagikan pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @nicputra pada (10/8/2020).

Cara mengatasi cantengan secara alami pakai 1 bahan dapur Berbagai sumber

Cara mengatasi cantengan secara alami pakai 1 bahan dapur
TikTok/@nicputra

Dalam video unggahan berdurasi 25 detik tersebut pemilik akun membagikan cara mengatasi cantengan secara alami pakai 1 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah garam.

"Tips mengatasi cantengan secara alami," tulis pemilik akun dalam video unggahan, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @nicputra, Kamis (9/2).

Bukan tanpa alasan, garam bisa menjadi salah satu bahan untuk mengatasi cantengan karena mengandung magnesium yang cukup efektif untuk meredakan pembengkakan di sekitar kuku. Selain itu, garam juga dapat menghilangkan bau kaki sekaligus mencegah perkembangan bakteri penyebab bau kaki.

Bahkan, garam juga dapat menjadi antiseptik yang dapat membantu meredakan infeksi pada kaki. Tak hanya itu, mereka yang mengalami eksim pada kulitnya, terapi ini dapat membantu proses penyembuhan.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES