Putih merata tanpa tambahan kunyit, begini cara cerahkan wajah kusam pakai 1 jenis umbi-umbian

Putih merata tanpa tambahan kunyit, begini cara cerahkan wajah kusam pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan. Oleh karena itu, kesehatan dan kecantikan kulit wajah perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Namun sayangnya, ada banyak faktor yang justru membuat wajah tampak kusam dan kurang sehat.

Di antaranya adalah paparan sinar matahari yang berlebih, sel kulit mati yang menumpuk, gaya hidup tidak sehat, paparan polusi, jarang merawat wajah, faktor penuaan, hingga kulit dehidrasi. Dari banyaknya faktor tersebut, paparan sinar matahari adalah faktor yang paling berpengaruh untuk kulit wajah.

Paparan sinar matahari yang berlebihan akan membuat wajah secara alami memproduksi melanin yang berlebih pula. Melanin memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk matahari. Melanin yang berlebihan ini yang akan menyebabkan wajah kusam. Bahkan terkadang disertai munculnya bintik-bintik hitam atau disebut dengan hiperpigmentasi.

Wajah kusam adalah kondisi yang cukup meresahkan, pasalnya wajah akan tampak kurang fresh dan mudah mengalami penuaan dini. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mencerahkan wajah kusam secara menyeluruh.

Putih merata tanpa tambahan kunyit, pemilik akun TikTok @gnitha32 punya trik mencerahkan wajah kusam pakai 1 jenis umbi-umbian. Umbi-umbian yang dimaksud adalah beetroot atau buah bit. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu tepung beras.

"Beetroot face mask (masker wajah buah bit)," tulisnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @gnitha32, Senin (20/11).

Cerahkan wajah kusam pakai 1 jenis umbi-umbian Berbagai sumber

foto: freepik.com

Buah bit adalah salah satu buah yang umumnya dijadikan jus atau campuran smoothies. Selain memiliki rasa yang nikmat, buah bit juga punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Melansir NDTV, buah bit kaya akan asam folat, vitamin C, kalium serta antioksidan yang baik untuk memperlancar aliran darah sekaligus menyehatkan kulit.

Salah satu manfaatnya adalah mengatasi kulit kusam. Ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya yang dipercaya ampuh untuk mencerahkan kulit. Selain vitamin C, buah bit juga mengandung jenis fitonutrien, yakni, betalain. Betalain baik untuk memutihkan kulit, meratakan warna kulit, sekaligus menjaga kulit dari efek buruk sinar matahari.

Sementara tepung beras, dipercaya efektif untuk membuat kulit lebih cerah. Tepung beras juga mampu menghilangkan sel kulit mati penyebab kulit kusam. Ini berkat kandungan vitamin dan senyawa antioksidan di dalamnya. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Cerahkan wajah kusam pakai 1 jenis umbi-umbian Berbagai sumber

foto: TikTok/@gnitha32

Kedua bahan tersebut bisa kamu olah menjadi masker yang efektif untuk mencerahkan wajah kusam. Pemakaian yang rutin akan membuat wajah tampak putih merata, glowing, dan awet muda. Begini cara membuat dan mengaplikasikannya.

Bahan:

1. 2 sendok makan tepung beras
2. Jus buah bit secukupnya

Cerahkan wajah kusam pakai 1 jenis umbi-umbian Berbagai sumber

foto: TikTok/@gnitha32

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Kupas buah bit kemudian cuci sampai bersih.
2. Iris-iris menjadi bagian yang lebih kecil.
3. Blender buah bit sampai benar-benar halus.
4. Peras atau saring buah bit dan ambil airnya saja.
5. Tuangkan tepung beras pada wadah.
6. Tambahkan air atau jus buah bit yang sudah kamu buat.
7. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
8. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih dari kotoran.
9. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh.
10. Diamkan selama 20 menit.
11. Bilas menggunakan air sampai bersih.
12. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
13. Gunakan masker pencerah wajah ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang putih merata.

@gnitha32 #homeremedy #whiteningskin #naturallook#loveyourskin #tiktokviralvideo #fypviral #fypviral #fyppppppppppppppppppppppp #fyppppppppppppppppppppppp #fyppppppppppppppppppppppp original sound - tamilchi

(brl/jad)

tags

STORIES