Nggak perlu scrub oatmeal, ini cara bersihkan dan kecilkan ukuran pori wajah pakai 1 penyedap masakan

Nggak perlu scrub oatmeal, ini cara bersihkan dan kecilkan ukuran pori wajah pakai 1 penyedap masakan

Brilio.net - Scrub oatmeal kerap kali dimanfaatkan kebanyakan orang untuk menghilangkan komedo dan membersihkan pori wajah yang tersumbat. Pasalnya, oatmeal dapat bertindak sebagai pembersih alami berkat kandungan saponin di dalamnya. Seperti diketahui, pori-pori yang tersumbat akan membuat ukurannya membesar, bahkan berakibat pada munculnya komedo hingga jerawat.

Padahal, pori-pori memiliki fungsi penting sebagai tempat keluarnya minyak alami kulit atau yang disebut dengan sebum. Minyak alami ini memiliki manfaat untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal. Namun terkadang, produksi sebum menjadi berlebihan dan mengakibatkan kulit jadi berminyak. Ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti seringnya beraktivitas di luar ruangan, genetik, perubahan hormon, stres, dan pola hidup yang kurang sehat.

Sebum yang berlebih ini akan membuat kotoran seperti debu, sel kulit mati, dan sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal mudah menempel pada kulit. Beberapa kotoran tersebut yang akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan ukurannya jadi lebih besar. Nah, untuk mengatasinya banyak orang memanfaatkan bahan-bahan alami.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES