Nggak perlu beli, begini trik atasi bibir kering dan mengelupas pakai lip mask dari 1 jenis minyak

Nggak perlu beli, begini trik atasi bibir kering dan mengelupas pakai lip mask dari 1 jenis minyak

Trik atasi bibir kering dan mengelupas pakai lip mask dari 1 jenis minyak Berbagai sumber

Trik atasi bibir kering dan mengelupas pakai lip mask dari 1 jenis minyak
freepik.com

Manfaat minyak jarak atau castor oil sebagai bahan campuran untuk kosmetik memang sudah tidak diragukan lagi. Sabun merupakan salah satu contohnya. Namun, tidak hanya itu saja, beberapa juga memanfaatkan castor oil untuk pelembap bibir. Minyak ini sering ditemukan pada banyak produk perawatan bibir, seperti lipstik atau lip balm. Ini karena castor oil mengandung asam risinoleat tak jenuh tunggal yang juga disebut dengan humektan.

Humektan dapat mempertahankan kelembapan kulit dengan mencegah penguapan air melalui lapisan kulit terluar. Potensi dari humektan pada castor oil inilah yang kemudian digunakan banyak orang untuk mengatasi masalah kulit dan bibir kering.

Sementara shea butter, dikenal luas karena kemampuannya untuk menghidrasi kulit yang paling kering sekalipun. Mungkin kamu biasanya akan melihatnya digunakan dalam lotion dan krim untuk tubuh. Namun ekstrak tumbuhan ini juga bekerja sangat baik untuk bibir kering. Kandungan asam lemak dan vitamin yang tinggi menjadikan shea butter ideal sebagai obat bibir kering alami. Shea butter mampu melembutkan, melembapkan, dan mengatasi bibir yang pecah-pecah.

Vitamin E juga merupakan salah satu bahan yang mampu mengembalikan kekenyalan dan kelembapan bibir. Tidak hanya itu, vitamin E juga bisa mempercepat regenerasi kulit dan mencegah iritasi pada bibir yang pecah-pecah dan mengelupas.

Sedangkan bubuk matcha bisa kamu manfaatkan sebagai pewarna sekaligus aroma yang menyegarkan. Selain itu, bubuk matcha juga kaya akan vitamin, seperti vitamin B2 dan vitamin E yang menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Kandungan Vitamin E dalam bubuk ini akan membantu melembapkan bibir dan merupakan emolien yang efektif untuk mencegah kulit bibir dehidrasi.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES