Kulit mulus bebas noda, begini cara membuat masker untuk pudarkan bintik hitam pakai 1 bahan masakan

Kulit mulus bebas noda, begini cara membuat masker untuk pudarkan bintik hitam pakai 1 bahan masakan

Brilio.net - Noda, flek, atau bintik hitam dapat berkembang di area tubuh mana saja, terutama di wajah. Meskipun demikian, kemunculannya dapat mengganggu penampilan hingga perlu mendapatkan perawatan. Bintik kehitaman di wajah disebabkan oleh hiperpigmentasi akibat kulit wajah terlalu banyak memproduksi melanin. Penyebabnya adalah paparan matahari, jaringan parut, penuaan, dan lain-lain.

Faktor-faktor pemicu ini membuat sel-sel melanosit di kulit memproduksi banyak melanin, biasanya sebagai bentuk pertahanan terhadap faktor pemicu. Sel-sel kulit di area yang perlu dilindungi kemudian menjadi gelap sehingga terbentuknya bintik hitam.

Meski umumnya tidak berbahaya, bintik hitam dapat mengganggu penampilan. Karena itu, berbagai cara untuk menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami pun kerap diupayakan. Bintik hitam sebenarnya bisa dengan sendirinya pudar dan akhirnya menghilang, tapi butuh waktu yang sangat lama bahkan bisa sampai tahunan.

Selain menjalani prosedur medis dari dokter kecantikan, ada juga berbagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami yang bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah. Salah satu caranya yaitu seperti video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @iamthatgirl816 pada 6 Oktober 2022 lalu.

Video yang berdurasi 31 detik tersebut berisi tentang cara membuat masker untuk pudarkan bintik hitam pakai 1 bahan masakan. Bahan masakan yang dimaksud adalah santan kelapa. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu kopi bubuk dan jeruk nipis.

"Flek hitam lenyap!! wajah putih kinclong," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @iamthatgirl816, Jumat (9/6).

Cara membuat masker untuk pudarkan bintik hitam pakai 1 bahan masakan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Santan adalah bahan lain yang berharga dan dapat dimakan yang didapat dari buah kelapa yang luar biasa. Ini adalah cairan berwarna putih susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring. Santan dapat digunakan secara topikal maupun internal, sehingga tak sedikit orang mengonsumsinya langsung.

Tak banyak orang tahu, santan bisa digunakan untuk perawatan kcantikan wajah secara topikal. Sebab, santan dikemas dengan minyak kulit yang sehat dan antioksidan, yang memberikan sejumlah manfaat ramah kulit.

Santan kaya akan vitamin C, E dan nutrisi kuat lainnya yang dapat memudarkan noda, bintik hitam, bekas jerawat dan bintik-bintik penuaan. Santan juga dapat membantu meratakan perubahan warna kulit dan pigmentasi.

Sedangkan, kopi bubuk berasal dari tanaman dalam keluarga Rubiaceae. Umumnya, kopi diolah menjadi minuman dan makanan. Tetapi, kopi ternyata juga dapat digunakan dalam rutinitas kecantikan.

Kopi mengandung asam kafeat atau caffeic acid yang membantu meningkatkan kesehatan kulit. Zat tersebut kaya akan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini.

Kopi mengandung banyak antioksidan, salah satunya adalah polifenol. Zat tersebut dapat membantu melindungi dari sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV) dan beberapa tanda penuaan yang terkait dengan paparan sinar matahari. Menggunakan masker kopi pada kulit dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam, kemerahan, dan garis-garis halus akibat penuaan.

Begitupun dengan jeruk nipis, memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C, vitamin A, serat, folat, dan karbohidrat yang sangat berkhasiat

Semua kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis memiliki manfaat yang baik untuk wajah dan kulit.

Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berlebihan dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau bintik-bintik hitam pada kulit. Namun, kondisi tersebut bisa diatasi oleh vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis. Tak hanya memerangi bintik hitam yang disebabkan oleh sinar matahari, vitamin C juga membantu menghambat produksi enzim tirosinase yang membantu produksi melanin dan mencegah hiperpigmentasi.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES