Jangan digaruk, ini trik atasi kulit kering kemerahan dan bersisik pakai 1 jenis makanan alternatif

Jangan digaruk, ini trik atasi kulit kering kemerahan dan bersisik pakai 1 jenis makanan alternatif

Dari penjelasan di atas, maka sudah jelas dong betapa pentingnya menjaga kelembapan kulit? Nah, untuk itu, kamu bisa lho mengandalkan bahan-bahan alami berkhasiat sebagai solusi alternatif bagi kamu yang mengalami masalah di atas. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran oatmeal, almond, madu, dan susu yang cara pembuatannya ditunjukkan oleh @@b.e.a.u.t.y_n.o.t.e.s melalui Instagram, dilansir brilioebeauty.net pada Kamis (12/10).

Jangan digaruk  Instagram

foto: freepik.com

Selain berperan sebagai opsi makanan selama menjalani program diet, oats juga memiliki manfaat luar biasa untuk perawatan kulit. Oats mengandung beta-glukan, jenis serat yang larut dalam air, yang secara efektif meningkatkan tingkat kelembapan kulit serta mengurangi peradangan. Tidak hanya itu, kandungan senyawa fenolik, vitamin B kompleks, dan mineral yang terdapat dalam oats berperan penting dalam menyuplai nutrisi dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, oats juga berfungsi sebagai eksfoliator alami yang lembut, membantu dalam proses regenerasi kulit yang lebih optimal.

Jangan digaruk  Instagram

foto: freepik.com

Kacang almond memiliki beragam komponen yang sangat baik untuk perawatan kulit, seperti vitamin E, asam lemak sehat, dan antioksidan. Vitamin E membantu menjaga kelembapan kulit serta melindunginya dari bahaya sinar UV. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, manfaat antioksidan dalam kacang almond dipercaya dapat mengurangi stres oksidatif pada kulit dan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.

Jangan digaruk  Instagram

foto: freepik.com

Madu sendiri telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk banyak jenis perawatan kulit. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu membantu menjaga kelembapan kulit, sementara kandungan antioksidannya membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak struktur kulit. Madu juga memiliki efek antimikroba yang membantu mencegah iritasi dan mengurangi rasa tertarik pada kulit kering.

Jangan digaruk  Instagram

foto: freepik.com

Susu mengandung sejumlah nutrisi penting yang bermanfaat bagi kulit kering dan sensitif. Protein seperti kasein dan whey protein dalam susu membantu memperbaiki kerusakan pada kulit dan merangsang regenerasi sel-sel kulit. Sementara itu, asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 dalam susu membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko kerusakan, sehingga mencegah terbentuknya pengelupasan dan sisik pada kulit.

Keempat bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 Sendok makan oatmeal
2. 5-6 Butir kacang almond
3. 1 Sendok makan madu
4. Susu murni secukupnya
5. Wadah kecil
6. Ulekan atau blender

Langkah pengerjaan:

Jangan digaruk  Instagram

foto: Instagram/@b.e.a.u.t.y_n.o.t.e.s

1. Hancurkan 1 sendok makan oatmeal dan 5-6 butir kacang almond secara terpisah hingga membentuk bubuk halus.
2. Masukkan bubuk kedua bahan tadi ke dalam sebuah wadah kecil.
3. Tambahkan sekitar 1 sendok makan madu murni.
4. Tuangkan pula sedikit susu murni setelahnya.
5. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
6. Oleskan campuran ini ke wajah yang telah dibersihkan secara merata sembari dipijat lembut beberapa saat.
7. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/far)

tags

STORIES