Jadi mulus dan bebas keriput, ini trik atasi pigmentasi pada kulit tangan pakai scrub dari 1 bahan kue

Jadi mulus dan bebas keriput, ini trik atasi pigmentasi pada kulit tangan pakai scrub dari 1 bahan kue

Brilio.net - Seringnya terpapar sinar matahari membuat kulit jadi lebih gelap dan tampak kusam. Hal ini sering disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi ketika area kulit tertentu menjadi lebih gelap daripada warna kulit di sekitarnya. Kondisi ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit atau gatal, tetapi dapat mengganggu penampilan.

Hiperpigmentasi terjadi ketika sel kulit memproduksi terlalu banyak melanin, yaitu zat yang memberikan warna pada kulit. Melanin yang diproduksi secara berlebihan dapat menggumpal dan membentuk bercak yang berwarna lebih gelap pada kulit. Tak hanya wajah, salah satu bagian tubuh yang juga rentan terkena hiperpigmentasi adalah kulit tangan.

Dampaknya, kulit tangan jadi tampak lebih kusam, belang, dan gelap dibandingkan warna kulit area sekitarnya. Bahkan jika tak segera diatasi, kulit yang semakin lama terpapar sinar matahari juga akan rentan mengalami kering dan mempercepat proses penuaan. Paparan sinar ultraviolet (UV) pada kulit dapat menyebabkan terbentuknya keriput di kulit. Sebab, sinar UV dapat memecah serat kolagen dan elastin di kulit.

Serat-serat tersebut berfungsi dalam membentuk jaringan ikat yang menopang kulit. Saat lapisan tersebut rusak, kulit menjadi lebih lemah dan kurang fleksibel. Oleh sebab itu, kulit akan mudah berkerut dan keriput pun terbentuk. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya gunakan sunblock secara rutin saat beraktivitas di luar ruangan.

Namun apabila kamu sudah mengalami hal tersebut, tak perlu minder, karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti video yang diunggah oleh akun TikTok @user5418004330420 pada 4 Januari 2023.

Video tersebut berisi tentang trik mengatasi pigmentasi pada kulit tangan pakai scrub dari 1 bahan kue. Bahan kue yang dimaksud adalah baking soda. Tak hanya baking soda, pemilik akun juga menggunakan bahan lain yaitu gula pasir, minyak zaitun, dan tomat.

"get rid of dark knuckles and get youthful hands with this easy scrub (singkirkan buku-buku jari yang gelap dan dapatkan tangan yang awet muda dengan scrub yang mudah ini)," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @user5418004330420, Jumat (14/7).

Trik atasi pigmentasi pada kulit tangan pakai scrub dari 1 bahan kue Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tidak hanya sebagai pengembang kue, baking soda ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Baking soda adalah bahan alami yang digunakan untuk mengelupas kulit dan menghilangkan sel kulit mati, mengecilkan pori-pori besar, dan meningkatkan produksi kolagen saat dipijat ke kulit. Manfaat baking soda untuk kulit selanjutnya adalah sebagai bahan scrub untuk membantu mengelupas sel kulit mati dan kotoran penyebab kulit kusam.

(brl/jad)

tags

STORIES