Ibu wajib tahu, trik atasi alergi gatal akibat jamur pada kulit anak kecil pakai 1 jenis bumbu dapur

Ibu wajib tahu, trik atasi alergi gatal akibat jamur pada kulit anak kecil pakai 1 jenis bumbu dapur

Brilio.net - Berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit anak-anak pada dasarnya sangatlah sensitif terhadap banyak hal. Selain kekebalan tubuh yang belum terbentuk dengan baik, kerentanan kulit anak-anak terjadi karena lapisan kulitnya masih tipis. Akibatnya, anak-anak menjadi mudah terkena banyak penyakit, termasuk iritasi dan reaksi alergi gatal ketika terpapar pada kondisi tertentu.

Selain poin-poin di atas, ada banyak faktor eksternal yang menyebabkan anak-anak juga sangat sensitif terkena alergi gatal. Faktor lingkungan seperti paparan polusi, debu, hingga binatang dapat memicu reaksi alergi pada kulit anak-anak yang sensitif.

Selain itu, kondisi cuaca tertentu seperti panas dan lembap juga dapat memfasilitasi pertumbuhan jamur untuk berkembang biak. Apabila hal-hal tersebut tidak dibarengi dengan kebiasaan menjaga kebersihan, tentunya dapat meningkatkan risiko infeksi jamur pada anak-anak.



Bagi orang tua yang anaknya menghadapi masalah tersebut nggak perlu panik, kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai bentuk pertolongan pertama mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan garam sebagaimana diperagakan oleh @dokterzaidulakbar_jsr di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Sabtu (29/7).

Ibu wajib tahu  Instagram

foto: freepik.com

Kandungan yang ada dalam garam memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit. Sifat ini membuat garam mampu membersihkan mengurangi bakteri dan kuman penyebab infeksi sehingga meminimalisir efek rasa gatal pada anak-anak. Selain itu, garam juga dapat membantu mengeringkan ruam kecil akibat alergi dan mempercepat proses penyembuhan.

Alat dan bahan:

1. 1 Sendok teh garam kasar.
2. Minyak kayu putih
3. Kapas secukupnya
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

Ibu wajib tahu  Instagram

foto: Instagram/@dokterzaidulakbar_jsr

1. Masukkan 1 sendok teh garam ke dalam wadah kecil.
2. Tuangkan sedikit air hangat setelahnya.
3. Setelahnya, tambahkan minyak kayu putih secukupnya.
4. Aduk ratalah campuran tersebut hingga garam kasarnya cukup larut.
5. Aplikasikan menggunakan kapas ke area kulit anak yang bermasalah selama beberapa saat.
6. Gunakan secara rutin kapanpun dibutuhkan.

(brl/far)

tags

STORIES