Hasilnya terlihat dalam semalam, YouTuber ini bagikan cara cerahkan wajah kusam pakai 1 bahan minuman

Hasilnya terlihat dalam semalam, YouTuber ini bagikan cara cerahkan wajah kusam pakai 1 bahan minuman

Brilio.net - Saat berkaca di depan cermin, wajah kamu terlihat gelap dan kurang bercahaya? Kondisi tersebut merupakan bagian dari wajah kusam yang mengganggu penampilan. Biasanya wajah kusam ini bisa terjadi disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya kurangnya perawatan kulit yang tepat. Menjaga kebersihan wajah juga penting dilakukan, supaya wajah tetap bersih dan lembap.

Selain itu, gaya hidup yang nggak beraturan juga mempengaruhi wajah kusam. Sebagai contoh kurang tidur akibat sering begadang membuat kulit tampak kusam dan tidak bercahaya. Saat kita tidur, tubuh melakukan proses regenerasi dan pemulihan. Kurangnya waktu istirahat dapat mengganggu proses ini dan menyebabkan kulit terlihat kurang sehat.

Belum lagi faktor eksternal seperti paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit, menyebabkan kehilangan kelembapan dan kecerahan alaminya.

Untuk mengembalikan wajah cerah salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah perawatan rutin. Gunakan masker setidaknya dua kali dalam seminggu. Lebih bagus lagi jika kamu menggunakan masker dari bahan alami.

Seperti yang dilakukan oleh seorang YouTuber bernama Wulan Husna, ia memanfaatkan tepung beras dan satu jenis menimunan yaitu susu murni. Kedua bahan tersebut tak membuat kantong jebol lantaran kamu hanya perlu mengeluarkan uang berkisar Rp 15.000 saja.

Selain murah, tepung beras dan susu murni juga mempunyai manfaat yang tak kalah dengan produk kecantikan. Tepung beras memiliki sifat eksfoliasi yang lembut, membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam. Kandungan vitamin B dalam tepung beras membantu meningkatkan kecerahan kulit. Sementara susu murni mengandung asam laktat yang membantu mengurangi hiperpigmentasi dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Dilansir dari bluenectar.co.in, Senin (22/4) susu murni juga mengandung lemak dan protein yang dapat membantu melembapkan dan menghaluskan kulit. Di sisi lain kombinasi tepung beras dan susu murni dapat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi minyak, dan mencegah munculnya jerawat.

Nah, itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk mencerahkan wajah kusam. Lantas bagaimana cara membuat masker tersebut? Yuk simak langkah-langkahnya seperti dibagikan oleh YouTuber Wulan Husna, sebagaimana briliobeauty.net rangkum, Senin (22/4).

Bahan:

cerahkan wajah kusam pakai 1 bahan minuman berbagai sumber

foto: YouTube/@Wulanhusna

- 1 sendok makan tepung beras
- 1 kaleng kecil susu murni.

Cara membuat:

cerahkan wajah kusam pakai 1 bahan minuman berbagai sumber

foto: YouTube/@Wulanhusna

1. Siapkan satu mangkuk bersih
2. Masukkan tepung beras
3. Tuangkan susu murni secukupnya
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan masker memiliki tekstur pasta
5. Masker wajah siap digunakan.

Cara menggunakan:

cerahkan wajah kusam pakai 1 bahan minuman berbagai sumber

foto: YouTube/@Wulanhusna

1. Pastikan wajah dan leher kamu bersih terlebih dahulu.
2. Aplikasikan masker secara merata pada seluruh wajah.
3. Tunggu selama 15 hingga 20 menit.
4. Bilas masker menggunakan air biasa.
5. Gunakan masker pada di malam hari. Kamu bisa mendapatkan wajah cerah di pagi hari. Gunakan trik ini secara rutin agar wajah tetap bersih dan cerah.

Susu bisa atasi wajah kering.

Selain manfaat di atas, susu murni juga punya manfaat lainnya yaitu mengatasi kulit kering. Susu mengandung lemak alami, seperti asam lemak dan lipid, yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Ketika dioleskan ke kulit, susu melembapkan dan menghaluskan kulit, membuatnya terasa lebih lembut dan lembap.

Asam laktat ini bisa membuat kulit terlihat lebih cerah dan lebih halus. Susu juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan iritasi dan peradangan pada kulit kering. Sehingga membantu mengurangi gatal-gatal dan perasaan tidak nyaman yang sering terkait dengan kulit kering.

Sedangkan kandungan vitamin dan mineral dalam susu, seperti vitamin A dan E, dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit kering dan merangsang penyembuhan.

(brl/psa)

tags

STORIES