Hanya pakai 5 bahan alami, begini cara membuat krim deodoran untuk atasi bau badan

Hanya pakai 5 bahan alami, begini cara membuat krim deodoran untuk atasi bau badan

Nah, agar lebih aman, kamu bisa membuat deodoran sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.Seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @bottegazerowaste pada (22/5/2020) lalu. Dalam video unggahan tersebut, pemilik akun memberikan cara membuat krim deodoran untuk atasi bau badan pakai lima bahan alami.

Bahan-bahan yang digunakan adalah shea butter, minyak kelapa, tepung maizena atau tepung jagung, baking soda, dan essential oil.

"I dont buy deodorant anymore (Saya tidak membeli deodoran lagi)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bottegazerowaste, Minggu (23/4).

Cara membuat krim deodoran untuk atasi bau badan pakai 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Shea butter mengandung vitamin A dan vitamin E yang dapat meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan sel kulit, serta menjadikan kulit lebih sehat. Shea kaya akan asam lemak dan vitamin E yang mampu memberikan rasa nyaman, antioksidan sangat baik untuk kulit yang sensitif, serta mempertahankan kelembapan kulit. Shea butter aman untuk digunakan semua jenis kulit, khususnya jenis kulit sensitif.

Asam lemak esensial yang terdiri dari dari asam linoleat, palmitat, stearat, dan oleat efektif pada shea butter dipercaya mampu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Sehingga mampu mengontrol produksi minyak atau keringat pada ketiak.

Sedangkan minyak kelapa berfungsi untuk menghaluskan serta melembapkan kulit ketiak kamu. Ini berkat kandungan lemaknya yang tinggi, terutama asam laurat. Selain itu, minyak kelapa bisa menghambat tumbuhnya bakteri akibat produksi keringat berlebih di daerah ketiak.

Tepung maizena juga merupakan salah satu bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat krim deodoran, karena dapat dimanfaatkan untuk membuat deodoran rumahan. Hal ini karena sifat tepung maizena yang mampu untuk menyerap kelembapan, dan mengurangi keringat maupun bau.

Tak hanya sebagai bahan pembuatan kue, baking soda juga dikenal dengan kemampuannya dalam menyerap bau tidak sedap. Tak ayal bila kemampuan tersebut membuat baking soda menjadi bahan deodoran alami paling populer dalam mengatasi bau badan. Hal ini berkat kandungan antimikroba yang mampu melawan bakteri penyebab bau badan.

Sementara minyak esensial bisa menjadi bahan tambahan untuk memberikan aroma menenangkan dan wangi, sehingga dapat menyamarkan bau badanmu. Setelah mengetahui manfaat dari bahan-bahan yang sudah disebutkan, yuk simak cara membuat krim deodoran berikut ini.

Bahan:

Cara membuat krim deodoran untuk atasi bau badan pakai 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@bottegazerowaste

1. 2 sendok makan shea butter
2. 1 sendok teh minyak kelapa
3. 3 sendok makan tepung maizena
4. 1/2 sendok teh baking soda
5. 15 tetes essential oil

Cara membuat:

Cara membuat krim deodoran untuk atasi bau badan pakai 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@bottegazerowaste

1. Tuangkan shea butter pada mangkuk dan tambahkan minyak kelapa, tepung maizena, dan baking soda lalu aduk sampai tercampur merata
2. Tambahkan 15 tetes essential oil favoritmu lalu aduk kembali
3. Tuangkan pada wajah khusus krim deodoran lalu simpan dalam freezer selama 1 jam
4. Ambil krim deodoran secukupnya dan aplikasikan pada ketiak secara merata.

Video berisi cara membuat krim deodoran untuk atasi bau badan pakai 5 bahan alami ini lantas viral. Nggak salah, kalau video tersebut sudah ditonton sebanyak 9 juta kali dan mendapatkan lebih dari 1,3 juta tanda suka.

@bottegazerowaste I dont buy deodorant anymore #zerowaste #diyrecipes #allnatural #deodorant #zerowasteliving #ecofriendlybeauty #sheabutterbaby #diyskincare #eco Incessant - Ofelia Moore

(brl/mal)

tags

STORIES