Hanya pakai 3 bahan dapur, begini cara atasi biduran secara alami agar tidak gatal dan membekas

Hanya pakai 3 bahan dapur, begini cara atasi biduran secara alami agar tidak gatal dan membekas

Brilio.net - Biduran, disebut juga urtikaria, adalah kondisi ruam atau bentol merah berukuran besar dan banyak yang disertai rasa gatal. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kadar histamin yang berlebihan. Biduran terjadi karena tubuh melepaskan histamin sebagai respon alami dalam melawan alergi.

Akibatnya pembuluh darah melebar dan aliran darah meningkat. Kelebihan cairan inilah yang menyebabkan pembengkakan pada kulit dan timbul rasa gatal-gatal. Selain itu, ada pula faktor lainnya yang bisa memicu kulit biduran tersebut. Misalnya reaksi alergi, cuaca, paparan sinar matahari, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Berbeda dari gigitan hewan, bentol yang disebabkan oleh biduran umumnya terjadi dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu. Ukurannya pun besar, meski tak semuanya sama. Selain itu, permasalahan ini bisa terjadi dalam beberapa hari tergantung masing-masing individu.

Tak perlu panik, karena masalah kulit ini cukup umum. Namun, biduran ini tentu saja bisa diatasi dengan mudah hanya dengan bahan-bahan alami. Bahkan kamu bisa mendapatkannya di dapurmu saja. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @erolfatimah.

Cara atasi biduran secara alami pakai 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@erolfatimah

Melalui video unggahannya tersebut, pemilik akun membagikan cara atasi biduran secara alami pakai 3 bahan dapur. Bahan-bahan yang digunakan adalah lidah buaya, minyak zaitun atau minyak kelapa, dan garam dapur.

"Ini obat herbal buat biduran," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @erolfatimah, Selasa (14/2).

Lidah buaya memiliki sifat antiperadangan, antimikroba, antivirus, dan antioksidan sehingga memiliki efek penyembuhan pada kulit dan berpotensi menjadi obat biduran alami. Sifat antiperadangan dalam lidah buaya sendiri berasal dari kandungan vitamin A, B12, C, dan E, kalsium, magnesium, zinc, dan asam lemak esensial.

Selain itu, efek ini juga dipercaya berasal dari enzim, karbohidrat, dan sterol yang dikandung lidah buaya. Gel bening dari lidah buaya (aloe vera) dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang gatal dan iritasi pada kondisi biduran.

Cara atasi biduran secara alami pakai 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@erolfatimah

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES