Hanya pakai 3 bahan alami, ini cara membuat serum untuk cerahkan wajah, leher, dan tangan

Hanya pakai 3 bahan alami, ini cara membuat serum untuk cerahkan wajah, leher, dan tangan

Brilio.net - Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan wajah jadi kusam dan tampak lebih gelap. Selain itu, paparan sinar matahari dan kurangnya perawatan juga akan menyebabkan leher dan tangan rentan mengalami hiperpigmentasi.

Selain wajah, bagian tubuh lainnya juga membutuhkan perawatan. Kamu bisa memulai rangkaian perawatan kulit tubuh dengan mencari tahu kondisi kulit dan permasalahan kulit yang perlu diatasi. Apabila kamu memiliki kondisi kulit kusam, produk bodycare dan skincare yang bisa membantu mencerahkan dapat menjadi salah satu solusi. Salah satu produk yang bisa kamu gunakan adalah serum.

Serum merupakan sebuah cairan bertekstur ringan dan pada umumnya tidak mengandung minyak, yang dapat diserap kulit. Serum hadir dalam berbagai bentuk krim, gel, dan juga bahkan dibuat dengan konsistensi yang mirip seperti air. Serum memiliki beragam manfaat untuk kulit, seperti mencerahkan, melembapkan, hingga mengatasi berbagai permasalahan kulit lainnya.

Nah, jika kamu mengalami wajah kusam, leher menghitam, dan tangan belang atau kasar, tak perlu khawatir, pasalnya kamu bisa lho merawat bagian-bagian tubuh yang telah disebutkan tersebut dengan menggunakan serum yang dapat kamu racik sendiri. Bahan-bahan yang digunakan pun juga alami, sehingga bebas iritasi.

Salah satunya seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @salihab97 pada (14/9/2022). Dalam video unggahan tersebut pemilik akun membagikan cara membuat serum untuk cerahkan wajah, leher, dan tangan pakai 3 bahan alami, yakni aloe vera gel, gliserin, dan vitamin E.

"Diy glow serum for face neck and hands.. (DIY glow serum untuk wajah leher dan tangan..)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @salihab97, Selasa (21/3).

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, C, E, B12, enzim, mineral, serta antioksidan. Apa pun jenis kulit kamu, pelembap tetap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Cara membuat serum untuk cerahkan wajah, leher, dan tangan pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

Cara membuat serum untuk cerahkan wajah, leher, dan tangan pakai 3 bahan alami
freepik.com

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari, tentu saja bisa membuat kulitmu menjadi belang. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang terbakar sinar matahari, untuk mencegah hiperpigmentasi di kulit yang menyebabkan kulit gelap. Kandungan vitamin di dalam lidah buaya ini, bisa membuat kulitmu tampak lebih cerah dan bercahaya.

Begitupun dengan gliserin yang memiliki sifat melembapkan yang mampu menyeimbangkan kadar air agar kulit tetap terhidrasi. Produk berbahan gliserol langsung bekerja pada lapisan terluar pada struktur kulit atau stratum korneum.

Cara kerja gliserin adalah dengan menarik air di sekitar kulit dan mengumpulkannya. Diantara bahan pelembap humektan lainnya, gliserol bahkan terbukti paling efektif dalam meningkatkan hidrasi pada lapisan stratum korneum.

Nah, sebagai humektan, gliserin juga bisa mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati. Gliserin membantu memecah protein yang menyatukan sel-sel kulit. Dengan membantu proses pengelupasan sel kulit, gliserin membersihkan kulit dari sisa sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan masalah kulit baru.

Sementara vitamin E dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Manfaat ini didapat karena vitamin E yang dikonsumsi akan diserap lapisan epidermis kulit dan digunakan untuk memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan.

Nah, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari suplemen vitamin E sebaiknya kamu jangan sembarangan memilih. Tidak perlu bingung, cek rekomendasi di bawah ini untuk mendapatkan suplemen vitamin E terbaik dengan harga terjangkau.

Dari ketiga bahan yang disebutkan tersebut, kamu bisa membuatnya sebagai serum yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah, leher, dan tangan. Yuk, simak cara membuatnya.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES