Bikin wajah jadi cerah, ini cara membuat serum wajah sendiri di rumah hanya pakai 1 bahan dapur

Bikin wajah jadi cerah, ini cara membuat serum wajah sendiri di rumah hanya pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Beras merupakan bahan alami yang biasanya dijadikan sandang pangan sehari-hari bagi kita karena bisa memberikan energi pada tubuh. Namun di balik itu, air bekas mencuci beras ini bisa lho dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut. Penggunaan air beras sebagai perawatan kecantikan ini cukup diminati oleh banyak orang. Hal ini lantaran air beras diklaim bisa menenangkan, mengencangkan, dan memperbaiki kondisi kulit.

Dikutip briliobeauty.net dari Healhtline pada, Kamis (26/1) air beras ini memiliki kandungan zat seperti, antioksidan dan kolagen yang bisa mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam. Tidak hanya itu, air beras ini memberikan manfaat lain yaitu mencerahkan, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengatasi kulit kering, mengatasi jerawat, dan mengatasi mata panda.

Untuk mendapatkan manfaat dari air beras, kamu bisa lho menggunakan air beras ini untuk serum wajah. Cara membuat serum wajah dari bahan dapur ini cukup mudah dan bisa kamu lakukan di rumah. Kamu bisa membuat serum wajah dengan mensontek cara yang dibagikan oleh YouTuber Nova Natalis Handayani.

cara membuat serum Berbagai sumber

foto: TikTok/@Nova Natalis Handayani

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu siapkan beras kurang lebih tiga genggaman tangan. Ketika memilih beras usahakan menggunakan beras organik yang tidak mengandung bahan kimia. Hal ini agar serum ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan tidak mengakibatkan iritasi.

cara membuat serum Berbagai sumber

foto: TikTok/@Nova Natalis Handayani

Jika sudah, bersihkan beras tersebut menggunakan air bersih. Setelah itu, tiriskan sejenak agar air dalam kandungan tersebut hilang. Kemudian, masukkan lagi air bersih ke dalam beras tersebut dan rebus beberapa menit. Jika sudah mendidih angkat rebusan beras dan saring beras tersebut.

cara membuat serum Berbagai sumber

foto: TikTok/@Nova Natalis Handayani

Tahapan terakhir yaitu masukkan air beras tersebut ke dalam botol spray. Kemudian simpan serum beras terus dalam lemari pendingin. Nah, serum dari air beras ini bisa kamu gunakan setiap hari. Hal ini bisa kamu lakukan, lantaran air beras tidak membuat kulit menjadi iritasi.

cara membuat serum Berbagai sumber

foto: TikTok/@Nova Natalis Handayani

Sementara itu, serum air beras ini memiliki tekstur yang tidak lengket bak produk kecantikan yang dijual di pasaran. Maka dari itu, serum ini memberikan kenyamanan ketika digunakan. Tidak hanya itu, serum wajah ini juga bisa lho digunakan untuk base makeup.

Lantas, video yang tersebut pun mencuri perhatian netizen hingga berhasil ditonton oleh pengguna YouTube sebanyak 19 ribu. Sementara itu, banyak netizen yang penasaran dengan serum air beras tersebut.

"Mau tnya kak,klo wajhq ada brintisan2 itu kyak gatel gitu gimana ya, soalnya pernah si pkk tepung beras yg kemasan tu, gatel,gtw knp dan merah2. Tp aq tkut aja si klo gatel2 lagi. Ini aja stiap pkk masker atau apa kyak iritasi trs deh," tulis akun @Sn Fa.

"Oooo kulite snsitif ya .. kalo kukit snstif mahh jangan kaya pake2 yang smbarangn gtu ... tanya dokter dulu kk, terus kalo mau pake kaya masker2 gtu juga harus yg bener2 alami," jawab pemilik video.

"Kak boleh tau waktu penyimpanan berapa lama ya?" tulis akun @Yiska Febriani,

"Paling lama sminggu di kulkas," jawab akun @nova natalis handayani.

"Kk kalo ngak di simpan dalam kulkas ngak apa2?" tanya @{ Salsabila N }.

"Iya gpp emang harus di taro dlm kulkas biarbawet," imbuh akun @nova natalis handayani.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES