Hanya pakai 1 jenis minuman, ini cara atasi kulit terbakar akibat sinar matahari agar tak iritasi

Hanya pakai 1 jenis minuman, ini cara atasi kulit terbakar akibat sinar matahari agar tak iritasi

Brilio.net - Aktivitas yang dilakukan di siang hari membuat kulit mudah terpapar sinar matahari. Akibatnya dari hal tersebut adalah kulit yang terbakar sinar matahari atau sunburn. Kondisi ini bisa terjadi ketika kulit terpapar sinar ultraviolet (UV) dalam jumlah yang berlebihan. Ketika kulit mulai terpapar, sinar UVB akan menembus ke lapisan atas kulit. Maka dari itu, menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit dan memicu terjadinya inflamasi.

Biasanya kulit yang terbakar sinar matahari ini menimbulkan beberapa gejala yang cukup terlihat. Terdapat lima gejala yaitu kulit yang kemerahan, terasa panas saat disentuh, rasa nyeri, gatal, dan mengelupas. Bahkan jika tidak ditangani dengan cepat dapat mengakibatkan pembengkakan.

Untuk menghindari terjadinya kulit terbakar sinar matahari, kamu harus menggunakan sunblock atau sunscreen. Gunakan rangkaian skincare tersebut sebelum keluar rumah, tepatnya pada pagi hari yaitu jam 10 hingga jam empat sore.

Namun bagaimana jika sunburn sudah terjadi? Jangan khawatir, kondisi ini masih bisa kamu atasi dengan menggunakan beberapa perawatan. Salah satunya yaitu menggunakan masker yang berasal dari bahan minuman yaitu buttermilk.

Bahan minuman yang satu ini merupakan cairan yang dihasilkan setelah mentega dipisahkan dari susu. Buttermilk mengandung asam laktat, kasein protein, lemak, dan vitamin. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk melembapkan, mendinginkan kulit, dan membantu mengurangi peradangan.

Sementara itu, bahan tambahan seperti tomat mengandung likopen, vitamin C, dan antioksidan yang bisa memberikan efek dingin pada kulit, melawan radikal bebas, dan meregenerasi kulit secara alami.

(brl/wen)

tags

STORIES