Hanya pakai 1 bahan makanan, begini cara membuat scrub untuk atasi beruntusan pada wajah

Hanya pakai 1 bahan makanan, begini cara membuat scrub untuk atasi beruntusan pada wajah

Brilio.net - Tak hanya jerawat, beruntusan juga merupakan salah satu masalah kulit yang kerap kali membuat siapapun jadi kurang percaya diri. Meski tidak berbahaya, kondisi ini mengganggu penampilan. Apalagi jika kemunculannya hampir di seluruh wajah.

Beruntusan adalah kondisi kulit yang kasar dan tidak rata. Jika merabanya, tekstur kulit terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol.

Gangguan ini rentan terjadi di area wajah, terutama dahi, hidung, dan dagu. Di area tubuh, masalah bisa muncul pada punggung, leher, lengan, bahu, dan dada. Penyebab beruntusan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, folikulitis (peradangan pada folikel rambut), dan keratosis seboroik.

Namun, komedo termasuk cikal bakal kemunculan beruntusan yang paling sering terjadi. Sama seperti jerawat, komedo terbentuk dari penumpukkan sel-sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Namun, jangan khawatir kamu bisa mengatasinya menggunakan scrub alami untuk menghilangkan beruntusan di wajah. Tidak hanya cukup ampuh menghilangkan beruntusan, scrub yang terbuat dari bahan alami juga baik untuk kesehatan kulit wajah.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @saltmecin pada 1 April 2020 lalu. Dalam videonya, ia membagikan cara membuat scrub untuk atasi beruntusan pada wajah pakai 1 bahan makanan. Bahan yang digunakan adalah oatmeal. Selain oatmeal, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"scrub masker wajah yg recommended bgt, bagus buat wajah bruntusan bikin jd mulus+bisa hilangin bekas jerawat!," tulisnya sebagai keterangan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @saltmecin, Kamis (30/3).

Cara membuat scrub untuk atasi beruntusan pada wajah pakai 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Oatmeal memiliki kandungan antioksidan dan efek antiradang, sehingga baik untuk mengatasi beruntusan yang meradang. Selain itu, manfaat oatmeal untuk wajah dapat menyerap minyak berlebih pada kulit dan membantu mengatasi jerawat. Oatmeal juga mengandung seng yang mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Bahkan, bahan makanan ini juga bisa mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit, sekaligus mengurangi bintik-bintik seperti beruntusan dan melembutkan kulit. Sedangkan, madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi beruntusan hingga jerawat pada wajah.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES