Hanya butuh 2 bahan, ini cara membuat face toner untuk cerahkan dan atasi wajah berminyak

Hanya butuh 2 bahan, ini cara membuat face toner untuk cerahkan dan atasi wajah berminyak

Brilio.net - Toner merupakan salah satu skincare yang memiliki peran penting untuk wajah. Tidak hanya membantu mengangkat sisa makeup dan kotoran di kulit, namun toner juga membuat kulit lembap setiap saat. Kandungan yang terdapat di dalam toner bekerja efektif untuk menutrisi kulit.

Oleh karenanya, toner menjadi salah satu rangkaian skincare rutin yang tidak boleh dilewatkan. Penggunaan toner secara rutin juga mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, serta mampu menghilangkan kemerahan pada jerawat.

Toner biasanya berbasis cair dengan kandungan bahan aktif dan zat alami. Di mana kandungan ini dapat membantu melembapkan, menyegarkan, dan mencerahkan kulit.

Toner bisa digunakan secara rutin saat pagi dan malam hari. Sama seperti perawatan lainnya, toner memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit dan pastinya memiliki fungsi yang berbeda.

Banyak produk toner beredar di pasaran mengandung alkohol dan bahan kimia lainnya. Beberapa orang memiliki kulit sensitif dan tidak cocok dengan bahan-bahan kimia tersebut. Solusinya, kamu bisa membuat toner alami di rumah dan aman digunakan untuk segala jenis kulit.

Jangan khawatir, meskipun buatan sendiri, khasiat toner alami nggak kalah dengan brand mahal. Seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @raindahmaydna.

Cara membuat face toner untuk cerahkan dan atasi wajah berminyak pakai 2 bahan Berbagai sumber

Cara membuat face toner untuk cerahkan dan atasi wajah berminyak pakai 2 bahan
TikTok/@raindahmaydna

"Cara mencerahkan dan mengurangi minyak hanya dengan 1 toner," tulisnya dalam video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @raindahmaydna, Sabtu (18/2).

Dalam video tersebut, pemilik akun membagikan cara membuat face toner untuk cerahkan dan atasi wajah berminyak dengan menggunakan dua bahan, yakni beras dan air mawar.

Melalui video unggahannya, pemilik akun menggunakan beras dan memanfaatkan air rendamannya sebagai toner. Air beras mengandung beragam nutrisi yang bagus untuk kulit. Sebut saja, antioksidan, vitamin B, vitamin E, asam amino, dan mineral lainnya.

Manfaat air beras untuk wajah dalam membantu mencerahkan bisa dibilang cukup populer di Korea dan Jepang. Sebenarnya, manfaat ini berasal dari kandungan gamma-oryzanol pada air beras yang dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Tak hanya itu saja, air beras juga diklaim mampu untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Cara membuat face toner untuk cerahkan dan atasi wajah berminyak pakai 2 bahan Berbagai sumber

Cara membuat face toner untuk cerahkan dan atasi wajah berminyak pakai 2 bahan
TikTok/@raindahmaydna

Begitupun dengan air mawar yang mengandung antiseptik dan antibakteri, bermanfaat karena efek relaksasinya pada kulit. Sifat dari air mawar yang anti inflamasi juga akan meredakan efek ruam atau peradangan pada kulit. Selain itu, air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini dapat bekerja dengan baik di kulit wajah sebagai antioksidan yang dipercaya mampu melawan penuaan.

Manfaat air mawar lainnya adalah untuk mencerahkan kulit. Hal ini dipengaruhi kandungan vitamin A dan E, bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah. Sifat antioksidan dari air mawar juga mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES