Hanya butuh 2 bahan dapur, begini trik membuat body scrub untuk atasi kulit kusam

Hanya butuh 2 bahan dapur, begini trik membuat body scrub untuk atasi kulit kusam

Brilio.net - Kulit kusam adalah masalah umum yang dialami banyak orang, baik yang memiliki kulit kering, berminyak, hingga kombinasi sekalipun. Warna gelap pada kulit kusam berbeda dengan warna kulit gelap secara alami. Orang dengan kulit gelap memiliki lebih banyak pigmen melanin pada kulitnya. Kulit yang gelap akan tetap tampak bercahaya asalkan kondisinya sehat dan cukup lembap.

Jenis kulit kusam pada dasarnya kebalikan dari kulit yang muda, cerah, dan sehat. Penyebab kulit kusam paling umum adalah karena adanya penumpukan sel kulit mati. Pada dasarnya, sel kulit mati akan mengelupas secara alami setiap 28 hari, kemudian beregenerasi menjadi sel-sel baru. Namun, terkadang sel kulit mati tidak dapat mengelupas secara alami. Hal ini lah yang menyebabkan kulit jadi kusam.

Salah satu cara untuk mengatasi kulit kusam adalah dengan menggunakan body scrub. Tujuannya untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati dan kotoran di kulit tubuh, sehingga proses pembentukan sel kulit baru bisa menjadi lebih cepat.

Meski saat ini sudah banyak body scrub beredar di pasaran, namun beberapa orang khawatir terhadap bahan kimia yang bisa terkandung pada produk body scrub.

Trik membuat body scrub untuk atasi kulit kusam pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

Trik membuat body scrub untuk atasi kulit kusam pakai 2 bahan dapur
TikTok/@literalygabuttt

Sebagai solusinya, kamu bisa lho meracik body scrub sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan dapur yang tentunya lebih aman. Seperti yang dibagikan pengguna akun TikTok @literalygabuttt pada (7/10/2021).

Dalam video berdurasi 29 detik tersebut pemilik akun membagikan trik membuat body scrub untuk atasi kulit kusam pakai 2 bahan dapur, yakni gula pasir dan minyak kepala.

"DIY body scrub," tulis pemilik akun dalam video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @literalygabuttt, Selasa (21/2).

Gula adalah humektan yang bisa menarik air ke dalam kulit. Maka dari itu, penggunaan gula dalam body scrub bisa membuat kulit terhidrasi sambil mengatasi sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu gula juga bagus untuk membantu meremajakan kulit dengan membersihkan semua kotoran di pori-pori.

Trik membuat body scrub untuk atasi kulit kusam pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

Trik membuat body scrub untuk atasi kulit kusam pakai 2 bahan dapur
TikTok/@literalygabuttt

Gula juga mengandung asam glikolat dan asam alfa hidroksi. Kedua kandungan ini baik untuk mendorong pergantian sel-sel kulit mati. Hasilnya, kulit tampak lebih segar dan lebih muda. Asam glikolat juga biasanya digunakan untuk merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari dan penuaan.

Sementara minyak kelapa sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk kesehatan hingga bahan masakan. Untuk mendapatkan kulit halus dan lembut, kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai body scrub.

Layaknya body scrub buatan, minyak kelapa ini juga merupakan exfoliator yang mampu membersihkan sel kulit mati penyebab kering dan kusam. Selain itu, body scrub dari minyak kelapa dapat menghaluskan dan melembapkan kulit.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES