Cuma pakai 1 bahan alami, begini cara menghilangkan jerawat dan bekasnya agar wajah kembali halus

Cuma pakai 1 bahan alami, begini cara menghilangkan jerawat dan bekasnya agar wajah kembali halus

Brilio.net - Permasalahan jerawat memang masih menjadi hal yang menjengkelkan bagi kebanyakan orang. Masalah kulit ini dapat dialami oleh siapa saja, tetapi umumnya pertama kali muncul di masa pubertas, yaitu usia 1018 tahun. Kondisi jerawat cenderung lebih parah pada remaja laki-laki dan orang yang memiliki tipe kulit berminyak.

Jerawat disebabkan oleh penyumbatan di pori-pori kulit, tepatnya di akar rambut (folikel rambut). Pada folikel rambut, terdapat kelenjar minyak yang normalnya memproduksi minyak (sebum) untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit.

Jerawat timbul jika saluran keluar minyak tersebut tersumbat akibat produksi minyak yang berlebihan, penumpukan sel-sel kulit mati, atau infeksi bakteri. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit.

Selain jerawat, bekasnya yang sulit hilang juga membuat siapapun yang mengalaminya jadi tidak percaya diri. Bekas jerawat yang menghitam akan membuat wajah jadi tidak halus dan riasan jadi kurang flawless.

Nah, karena hal itu banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan. Padahal, sebetulnya bisa lho memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @herbavera. Melalui video unggahan yang berdurasi 51 detik tersebut pemilik akun membagikan cara menghilangkan jerawat dan bekasnya agar wajah kembali halus pakai 1 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah lidah buaya.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya pakai 1 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

"Kalau jerawatan auto badmood, untung ada lidah buaya, bisa bikin masker deh," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @herbavera, Senin (6/3).

Lidah buaya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat karena mengandung berbagai senyawa aktif di dalamnya, seperti aloin, flavonoid, fenilpiron, fenilpropanoid, kumarin, pitosterol, analog naftalena, lipid, dan vitamin. Semua kandungan tersebut diketahui memiliki efek antiradang, antibakteri, dan antioksidan.

Sifat antibakteri pada gel lidah buaya mampu mengontrol dan mengurangi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, efek antiradang pada lidah buaya dapat menenangkan iritasi kulit dan mengurangi kemerahan akibat jerawat. Senyawa dalam lidah buaya yang disebut aloin juga dapat mengurangi produksi melanin yang memicu bekas jerawat berwarna lebih gelap dari kulit sekitarnya.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES