Cuma butuh 3 bahan dapur, ini trik atasi jerawat batu tanpa rasa sakit agar wajah kembali mulus

Cuma butuh 3 bahan dapur, ini trik atasi jerawat batu tanpa rasa sakit agar wajah kembali mulus

Brilio.net - Salah satu jenis jerawat yang kerap kali meresahkan bagi kebanyakan orang adalah jerawat batu. Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang terbentuk akibat penumpukan sel kulit mati dan minyak pada bagian dalam kulit. Jenis jerawat ini juga dapat muncul karena terperangkapnya bakteri di dalam pori-pori yang akhirnya menginfeksi kulit sehingga memicu benjol besar yang memerah dan berisi nanah.

Apabila jerawat batu tersebut pecah, nanah di dalamnya juga akan pecah dan rasanya akan sakit sebab terkadang darahnya juga akan turut keluar. Pada dasarnya, penyebab jerawat batu sama dengan bentuk jerawat lainnya. Penyakit kulit tidak menular ini bermula dari penyumbatan pori-pori akibat kelebihan minyak (sebum), kotoran, dan sel kulit mati.

Selain itu, jerawat batu sangat dipengaruhi oleh keseimbangan kadar hormon dalam tubuh, yaitu produksi hormon androgen yang berlebihan. Kadar androgen yang berlebihan mengakibatkan kelenjar sebasea menjadi lebih aktif. Akibatnya, produksi sebum pun menjadi lebih banyak, sehingga pori-pori lebih mudah tersumbat dan kulit berisiko mengalami jerawat. Kondisi lain yang menjadi pemicu timbulnya jerawat batu diantaranya adalah menstruasi, hamil, menopause dan sebagainya.

Beberapa orang ada yang merasakan sakit ketika jerawat tidak sengaja tersentuh dan ada pula yang sebagian tidak mengalami nyeri saat menekan jerawatnya. Jika kondisi ini tidak segera tidak ditangani, peradangan dapat menyebar ke jaringan kulit sekitarnya. Hal ini dapat memicu kemunculan jerawat batu yang baru. Selain rasa nyeri, jerawat batu juga bisa mengganggu penampilan kamu sehari-hari.

Karenanya, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan jerawat batu. Ada yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mengatasinya dengan pergi ke klinik kecantikan, membeli berbagai produk skincare, dan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @diy.skincare.x pada 31 Desember 2019.

Dalam unggahannya, ia memberikan trik atasi jerawat batu tanpa rasa sakit agar wajah kembali mulus pakai 3 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah madu, air lemon, dan garam.

"This really works for me, i struggle with acne (Ini benar-benar bekerja untuk saya, saya berjuang dengan jerawat)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @diy.skincare.x, Jumat (19/5).

Trik atasi jerawat batu tanpa rasa sakit pakai 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh, madu bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat di wajah. Madu diketahui memiliki antioksidan yang mampu membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah. Selain itu, madu diketahui memiliki kandungan antibakteri yang dapat menyembuhkan luka salah satunya luka peradangan akibat jerawat.

Sementara itu, air lemon diketahui memiliki kandungan asam sitrat yang baik untuk menyembuhkan jerawat. Meskipun aman, namun tidak semua kulit cocok. Tanda kulit tidak cocok biasanya dilihat pada adanya iritasi, kulit terasa perih, atau kondisi tak normal lainnya. Jika kamu merasakan gejala tersebut, sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.

Tak terkecuali dengan garam yang bisa membantu memperbaiki peradangan kulit sekaligus mengeringkan jerawat. Hal ini tidak lepas dari kandungan mineral, seperti sodium, kalium, magnesium, dan kalsium di dalam garam. Selain itu, garam juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih (sebum), yang menyebabkan tumbuhnya jerawat pada kulit wajah kamu.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES