Cegah kering dan keriput, ini trik membuat body scrub untuk lembapkan kulit pakai 1 bahan makanan

Cegah kering dan keriput, ini trik membuat body scrub untuk lembapkan kulit pakai 1 bahan makanan

Dalam video unggahan itu, ia membagikan tentang trik membuat body scrub untuk lembapkan kulit pakai 1 bahan makanan. Bahan makanan yang digunakan adalah oatmeal. Namun tak hanya itu saja, karena pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu dan minyak zaitun.

"mau ngumpulin yg punya kulit kering," katanya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @runa.ucupz, Selasa (13/6).

Trik membuat body scrub untuk lembapkan kulit pakai 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Oatmeal merupakan sumber serat berkualitas yang berasal dari oats, yaitu biji-bijian dari tanaman serealia. Manfaat oatmeal untuk kesehatan pencernaan berasal dari kandungan mineral dan seratnya. Tidak hanya itu, oats juga sering dimanfaatkan untuk produk skincare karena mengandung efek antioksidan dan antiradang.

Salah satu manfaat yang sayang kamu lewatkan dari oatmeal yaitu menjaga kelembapan kulit. Mengutip dari situs DermNet, kandungan koloid pada oatmeal membantu mengikat jaringan kulit dan memberikan perlindungan terhadap iritasi. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut mengandung polikasarida sebagai pengikat air dan hidrokoloid yang menjaga kelembapan pada kulit.

Koloid ini juga berperan sebagai emolien (pelembap) yang dapat meredakan gatal pada kulit. Produk perawatan kulit yang mengandung oatmeal dapat membantu melembapkan kulit, mengurangi kekeringan kulit dan gejala terkait, seperti gatal, mengelupas, dan berkerak.

Sedangkan madu, merupakan salah satu bahan dengan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain diminum, ternyata kamu bisa mengoleskan madu untuk kulit kering. Karena kaya nutrisi, madu berpotensi memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Benar, madu merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk kulit kering karena mampu menjaga kadar air dan kelembapan kulit.

Manfaat madu ini terbukti pada riset dalam jurnal Molecules yang memaparkan bahwa madu mengandung gliserin yang bekerja sebagai humektan. Humektan adalah senyawa yang berfungsi menarik air dari lingkungan sekitarnya dan mengumpulkannya di struktur kulit permukaan terluar. Kandungan vitamin dan mineral yang sangat kaya di dalam madu juga bisa membantu menenangkan kulit dan juga menghilangkan garis halus, kerutan, serta noda dan flek hitam pada kulit.

Tak terkecuali dengan minyak zaitun yang memiliki efek antioksidan karena mengandung squalene, oleochantal, dan vitamin E. Dari kandungannya tersebut, tidak heran jika ada banyak manfaat minyak zaitun untuk kulit. Manfaat minyak zaitun untuk kulit bisa didapatkan oleh semua jenis kulit, walaupun efeknya mungkin akan lebih terasa pada jenis kulit kering.

Minyak zaitun dapat mengatasi kulit kering dengan menjaga kelembapannya. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan squalene dan vitamin E di dalam olive oil. Squalene dapat mengunci air di kulit, sedangkan vitamin E meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap air. Dengan kedua peran ini, minyak zaitun bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Zat ini merupakan bahan baku jaringan di bawah kulit yang membuat kulit lebih kenyal dan kencang.

Dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut, kamu bisa membuat body scrub guna mengatasi kulit kering dan keriput. Yuk, simak cara pembuatannya.

Trik membuat body scrub untuk lembapkan kulit pakai 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: TikTok/@runa.ucupz

Bahan:

1. 1/2 mangkuk oatmeal.
2. Minyak zaitun secukupnya.
3. Madu secukupnya.

Cara membuat:

1. Haluskan oatmeal sampai setengah halus, lalu sisihkan.
2. Campurkan minyak zaitun dan madu pada wadah lainnya lalu aduk sampai merata.
3. Tambahkan oatmeal yang sudah dihaluskan kedalam campuran madu dan minyak zaitun.
4. Aduk sampai merata dan oatmeal agak lunak.
5. Pindahkan kedalam wadah penyimpanan.
6. Aplikasikan pada kulit secara merata sembari digosok perlahan lalu diamkan selama 10-15 menit.
7. Bilas menggunakan air sampai bersih.
8. Lanjutkan dengam penggunaan body lotion andalanmu.
9. Gunakan body scrub ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Trik membuat body scrub untuk lembapkan kulit pakai 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: TikTok/@runa.ucupz

Video yang berisi tentang trik membuat body scrub untuk lembapkan kulit pakai 1 bahan makanan ini lantas viral. Hingga kini, videonya sudah dilihat sebanyak 13,9 ribu kali dan mendapatkan beberapa komentar.

"yawlah knp baru nemuin konten ini," kata pemilik akun @7maret94.

"makasih y smua resep"nya semoga Allah yg bls smua ilmu yg mbak berikan," kata akun @widiastuti79_.

"kalo gaada minyak zaitun pake minyak kelapa boleh gk," tanya akun @_lenaaaaa2009.

"boleh bgt," jawab pemilik akun.

@runa.ucupz mau ngumpulin yg punya kulit kering #fyp #foryou #fyp #diy #trending #iykoongchallenge Bukan Pho - ryck - Kup@ng

(brl/far)

tags

STORIES