Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat ini cuma pakai 2 jenis tepung, wajah auto mulus

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat ini cuma pakai 2 jenis tepung, wajah auto mulus

Brilio.net - Siapapun yang pernah mengalami jerawat pasti sudah tak asing lagi dengan bekas jerawat yang tampak kehitaman. Kamu mungkin termasuk yang sering mengalami masalah satu ini. Bagi sebagian orang, bekas jerawat bisa meninggalkan noda hitam yang sangat sulit untuk hilang. Biasanya, bekas ini bisa terjadi karena jerawat sengaja dipecahkan sebelum matang atau mengalami radang.

Peradangan jerawat dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel keratinosit basal yang merupakan bagian dari struktur kulit manusia. Alhasil, tubuh memproduksi melanin secara berlebihan yang dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit.

Sebenarnya, flek hitam bekas jerawat akan membaik seiring waktu dan tidak memerlukan terapi khusus. Noda tersebut biasanya akan hilang dalam 6-12 bulan jika tidak diobati. Sementara itu, pigmen yang lebih dalam dapat hilang dan pudar dalam beberapa tahun.

Jika ingin menghilangkan flek hitam secara efektif, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan jenis perawatan yang tepat. Kamu juga bisa menggunakan berbagai produk skincare yang diformulasikan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat membandel.

Nah, untuk memaksimalkan efektifitasnya, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami guna membuat masker untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @skinbrushblush_official pada 29 Maret 2023 lalu.

Dalam unggahannya itu, ia memberikan cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat cuma pakai 2 jenis tepung. Tepung yang digunakan adalah tepung beras dan tepung gram. Tak hanya kedua jenis tepung tersebut, pemilik akun juga menambahkan sari kentang.

"Remove dark spots, acne scars and blemishes easily with this magical mask made with only 3 ingredients (Hilangkan flek hitam, bekas jerawat, dan noda dengan mudah pakai masker ajaib yang dibuat hanya dengan 3 bahan ini)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @skinbrushblush_official, Senin (29/5).

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang cuma pakai 2 jenis tepung Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tepung beras adalah jenis tepung yang terbuat dari gilingan beras. Bahan makanan ini sering digunakan untuk keperluan membuat kue dan jajanan tradisional. Namun, sejumlah orang juga kerap memanfaatkannya sebagai perawatan kulit. Tepung beras seringkali digunakan untuk perawatan jerawat dan mencerahkan kulit. Asam fitat yang ada di dalamnya ditengarai memiliki efek pengelupasan kulit.

Asam fitat adalah asam alfa hidroksi antioksidan (AHA). Senyawa ini dapat diekstraksi dari banyak tanaman, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, untuk ditambahkan ke produk perawatan kulit. Jika dibandingkan dengan jenis AHA lain, asam fitat lebih lembut untuk kulit. Asam fitat sama efektifnya dalam mengobati jerawat dan hiperpigmentasi (bintik hitam) seperti asam glikolat dan asam salisilat. Sehingga mampu memudarkan flek hitam jika digunakan secara rutin.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES