Cara mengatasi peradangan akibat jerawat pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis, wajah auto mulus

Cara mengatasi peradangan akibat jerawat pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis, wajah auto mulus

Brilio.net - Jerawat meradang atau inflammatory acne adalah peradangan yang disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi pori-pori tersumbat oleh sebum atau minyak, sel kulit mati, dan kotoran yang menempel pada kulit. Merah, bengkak, dan nyeri saat disentuh, jerawat meradang ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di pori-pori.

Jerawat meradang dapat mengganggu penampilan dan menyakitkan. Jerawat meradang biasanya terjadi pada area di bawah sumbatan komedo. Memencet jerawat bukan cara yang tepat untuk mengatasi jerawat meradang. Kondisi tangan yang tidak bersih, alat yang tidak steril, dan penyebaran kuman dari jerawat yang ditekan justru dapat memperburuk keadaan kondisinya

Risikonya, jerawat menjadi kemerahan, terinfeksi, dan lebih meradang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat bisa meninggalkan bekas luka di wajah atau disebut bopeng. Jerawat meradang ini bisa muncul pada kulit yang mempunyai banyak kelenjar minyak, seperti wajah, leher, dada, dan punggung. Selain pada usia remaja, jerawat meradang juga mungkin muncul pada anak-anak dan dewasa.

Jerawat meradang dapat menyebar ke area kulit lain, bahkan menimbulkan bekas jerawat di kemudian hari. Maka dari itu, cara mengobati jerawat meradang merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengurangi munculnya jaringan parut. Jerawat meradang dapat dihilangkan dengan berbagai produk kesehatan kulit yang banyak tersedia di pasaran.

Akan tetapi, produk kecantikan yang mengandung bahan kimia memiliki efek samping yang bisa berbahaya, terutama saat kulit tidak cocok dengan kandungan produk tersebut. Cara menghilangkan jerawat meradang dengan bahan alami cenderung memiliki efek samping yang lebih sedikit. Nah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar. Bahkan kamu bisa menemukannya di rumah.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @catherine.depew26 pada 13 November 2021 lalu. Melalui unggahannya, ia membagikan cara mengatasi peradangan akibat jerawat pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis berupa madu. Tak hanya madu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu green tea bubuk dan air mawar.

"My most used DIY face mask (Masker wajah DIY yang paling sering saya gunakan)," tulisnya sebagai keterangan video, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @catherine.depew26, Senin (5/6).

Cara mengatasi peradangan akibat jerawat pakai masker dari 1 jenis bahan pemanis Berbagai sumber

foto: freepik.com

Madu adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat. Bahan yang satu ini memiliki sifat antibakteri dan antiradang sehingga cukup efektif dalam melawan jerawat. Sebaiknya, pilih madu yang masih alami dan belum diproses. Sebab, madu yang telah diproses biasanya akan kehilangan sifat antibakterinya.

Sifat menenangkan madu juga berasal dari kombinasi peptida, antioksidan, vitamin B, asam lemak, dan asam amino. Ketika dioleskan ke wajah, komponen ini bisa memberikan efek menenangkan dan membantu mengurangi kemerahan. Namun, tidak semua jenis jerawat efektif diatasi dengan madu. Hanya jerawat kemerahan akibat peradangan yang merespons baik pengobatan dengan madu.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES