Cara mengatasi garis halus akibat kulit dehidrasi pakai masker dari 1 bahan makanan, autokencang

Cara mengatasi garis halus akibat kulit dehidrasi pakai masker dari 1 bahan makanan, autokencang

Brilio.net - Salah satu permasalahan kulit yang kerap diabaikan oleh sebagian orang adalah kulit dehidrasi. Kulit dehidrasi menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Kulit dehidrasi dapat terjadi pada siapa pun tanpa memandang usia, tekstur kulit, atau warna kulit. Tidak sama dengan kulit kering yang berlangsung permanen karena faktor genetik, kondisi kulit dehidrasi cenderung berlangsung sementara.

Umumnya, kulit dehidrasi terjadi akibat faktor eksternal seperti cuaca dan perubahan musim, pola makan tidak sehat, dan kebiasaan minum alkohol atau kafein. Perlu kamu ketahui bahwa faktor eksternal tersebut akan menguras kadar air pada kulit sehingga menjadikannya kurang kenyal.

Kulit dehidrasi sering menunjukkan tanda-tanda penuaan yang datang lebih cepat. Namun, tidak seperti garis senyum (smile lines) atau kerutan di dahi, kerutan akibat kulit dehidrasi muncul sebagai jaringan garis halus serupa segitiga kecil. Saat kekurangan air, kulit akan berkerut, kekenyalan berkurang, dan kehilangan kemudaannya.

Faktor lain yang menyebabkan kulit mengalami dehidrasi adalah usia. Semakin bertambah usia, kulit seseorang akan cenderung menjadi kering dan mengalami dehidrasi. Saat kulit dehidrasi dan tidak ditangani dengan tepat, maka timbul permasalahan kulit lain. Permasalahan paling sering muncul akibat kulit wajah dehidrasi adalah hilangnya cahaya alami kulit sehingga kulit tampak kusam, muncul garis-garis halus, dan juga kendur.

Agar kulitmu terhindar dari dehidrasi dan masalah yang menyertainya, hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan dengan menggunakan berbagai produk skincare, treatment di klinik kecantikan, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satunya seperti video yang di-upload oleh pengguna TikTok dengan nama akun @skincarewithegzona pada 29 Januari 2022 lalu. Dalam unggahannya, ia membagikan cara mengatasi garis halus akibat kulit dehidrasi pakai masker dari 1 bahan makanan. Bahan makanan yang digunakan adalah oatmeal. Tak hanya oatmeal, ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu dan air.

"FaceMask for dry skin and eczema using Oatmeal (FaceMask untuk kulit kering dan eksim menggunakan Oatmeal)," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @skincarewithegzona, Selasa (30/5).

Cara mengatasi garis halus akibat kulit dehidrasi pakai masker dari 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Oatmeal merupakan sumber serat berkualitas yang berasal dari oats, yaitu biji-bijian dari tanaman serealia. Manfaat oatmeal untuk kesehatan pencernaan berasal dari kandungan mineral dan seratnya. Tidak hanya itu, oats juga sering dimanfaatkan untuk produk skincare karena mengandung efek antioksidan dan antiradang.

Mengutip dari situs DermNet, kandungan koloid pada oatmeal membantu mengikat jaringan kulit dan memberikan perlindungan terhadap iritasi. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut mengandung polikasarida sebagai pengikat air dan hidrokoloid yang menjaga kelembapan pada kulit. Koloid ini juga berperan sebagai emolien (pelembap) yang dapat meredakan gatal pada kulit.

Sambil menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, oatmeal sekaligus membantu melindungi penghalang kelembapan alami kulit (skin barrier). Kandungan nutrisi pada oatmeal dapat menjaga keseimbangan pH kulit, yang artinya membantu menjaga pH ideal kulit. Menggunakan produk yang mengandung oatmeal, ataupun membuat oatmeal sebagai masker rumahan, dapat membantu menyehatkan kulit wajah.

Sedangkan madu, merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk kulit kering karena mampu menjaga kadar air dan kelembapan kulit. Manfaat madu ini terbukti pada riset dalam jurnal Molecules yang memaparkan bahwa madu mengandung gliserin yang bekerja sebagai humektan.

Humektan adalah senyawa yang berfungsi menarik air dari lingkungan sekitarnya dan mengumpulkannya di struktur kulit permukaan terluar. Jadi, penggunaan madu untuk perawatan kulit dapat mencegah penguapan kadar air secara menerus yang rentan terjadi pada kulit yang dehidrasi.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES