Cara memudarkan pigmentasi pada wajah pakai masker dari 2 jenis rempah, kulit mulus bebas noda

Cara memudarkan pigmentasi pada wajah pakai masker dari 2 jenis rempah, kulit mulus bebas noda

Brilio.net - Salah satu masalah kulit wajah yang sering ditemukan pada usia 40-an adalah pigmentasi kulit. Pigmentasi kulit merupakan salah satu masalah kulit yang terlihat dari munculnya bercak pada kulit dan menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata. Biasanya, tanda-tanda awal pigmentasi adalah munculnya bercak pada wajah di area dahi, hidung, dan pipi.

Pigmentasi kulit ini terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak melanin atau pigmen kulit yang mengakibatkan warna kulit jadi tidak merata. Produksi melanin tersebut dipicu oleh paparan sinar UVA dari matahari, pencemaran lingkungan, gaya hidup, permasalahan hormonal, pemakaian pil KB, serta masalah kesehatan lainnya.

Pigmentasi terdiri dari dua jenis, yaitu hiperpigmentasi yang berarti bintik-bintik atau bercak-bercak lebih gelap dari kulit. Sementara itu, hipopigmentasi terjadi ketika bintik-bintik atau bercak-bercak lebih terang dari kulit. Bagi para wanita, masalah ini menjadi masalah yang serius karena dengan adanya pigmentasi ini dapat mengganggu penampilan di wajah. Maka dari itu, banyak orang rela melakukan apa saja demi untuk menghilangkan pigmen hitam ini.

Ada yang melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @alithesongstress pada 23 Agustus 2022 lalu.

Melalui unggahannya itu, ia membagikan cara memudarkan pigmentasi pada wajah pakai masker dari 2 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah bubuk kayu manis dan bubuk kunyit. Selain itu, pemilik akun juga menggunakan bahan lain yaitu madu.

"DIY Face Masqu For Hyperpigmentation 100% Organic and esthetician approved!-Made with 3 simple kitchen ingredients: 1/4 Cup of Honey, 1 Tbsp of Cinnamon, 1Tbsp of Turmeric (Masker Wajah DIY Untuk Hiperpigmentasi 100% Organik dan ahli estetika disetujui!-Dibuat dengan 3 bahan dapur sederhana: 1/4 Cangkir Madu, 1 Tbsp Kayu Manis, 1Tbsp Kunyit)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @alithesongstress, Selasa (6/6).

Cara memudarkan pigmentasi pada wajah pakai masker dari 2 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat kayu manis untuk wajah bisa diperoleh dengan cara membuat masker wajah secara alami. Salah satu kelebihan dari kayu manis adalah kemampuannya dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Inilah yang menjadikan rempah satu ini dipercaya dan digunakan sebagai ramuan obat-obatan tradisional. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa efek senyawa antioksidan cinnamaldehyde pada kayu manis berpotensi mampu mengobati gangguan pada kulit. Salah satunya adalah pigmentasi.

Sementara itu, kunyit merupakan tanaman herbal kaya manfaat. Manfaat kunyit untuk kulit wajah berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kunyit diketahui memiliki kandungan vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor dan sebagainya. Kunyit juga memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Senyawa inilah yang memberikan khasiat bagi kulit wajah.

Salah satunya yaitu mengurangi pigmentasi. Kandungan curcumin pada kunyit sangat ampuh mengurangi bercak hitam pada kulit. Ini merupakan khasiat yang bisa dirasakan oleh seseorang jika memakai kunyit secara teratur.

Sedangkan, madu merupakan antiseptik alami yang menyembuhkan kulit dengan cepat. Sifat antibakterinya membantu menghilangkan bakteri dan kuman dari kulit kamu. Sifat antiinflamasinya mengurangi peradangan kulit yang memicu jerawat dan sarat dengan antioksidan. Madu bertindak sebagai agen pembersih yang membuka sumbat pori-pori, sehingga menghilangkan komedo. Sifat pemutihnya membantu menghilangkan bekas luka dan pigmentasi, membuat wajah memiliki warna kulit yang merata.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES