Cara membuat pelembap multifungsi ini cuma pakai 2 bahan makanan, kulit auto glowing dan bebas kering

Cara membuat pelembap multifungsi ini cuma pakai 2 bahan makanan, kulit auto glowing dan bebas kering

Ada kok alternatif yang dapat diandalkan untuk menjaga kulit terhidrasi secara alami, yaitu dengan membuat pelembap sendiri. Salah satu bahan alami yang populer dalam pembuatan pelembab adalah shea butter dan minyak almond. Seperti yang ditunjukkan oleh @iamvanessae melalui TikTok, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Minggu (2/7).

pelembap multifungsi  TikTok

foto: freepik.com

Shea butter yang diekstraksi dari biji pohon shea di Afrika memiliki kandungan lemak alami yang kaya akan vitamin A, E, dan asam lemak esensial. Kandungan ini membuat shea butter sangat baik dalam melembapkan dan menutrisi kulit. Selain itu, shea butter juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan meredakan peradangan.

pelembap multifungsi  TikTok

foto: freepik.com

Sementara itu, minyak almond yang diekstraksi dari biji almond, kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E. Kombinasi ini memberikan sifat pelembap yang efektif pada minyak almond. Selain itu, kandungan minyak almond ini juga dapat membantu mengurangi iritasi dan menghaluskan tekstur kulit.

Penasaran bagaimana cara mengolah kedua bahan tersebut jadi pelembap? Caranya pun cukup gampang dilakukan, seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Alat dan bahan:

pelembap multifungsi  TikTok

foto: TikTok/@iamvanessae

1. 4 sendok makan shea butter
2. 2 sendok makan minyak almond
3. 1 wadah kecil yang bisa dibuka-tutup
4. Minyak esensial jenis apapun (opsional)

Langkah pengerjaan:

pelembap multifungsi  TikTok

foto: TikTok/@iamvanessae

1. Masukkan 4 sendok makan shea butter ke dalam panci, kemudian panaskan di atas kompor untuk melelehkannya
2. Diamkan lelehan tersebut selama beberapa saat hingga mendingin
3. Campurkan 2 sendok makan minyak almond ke dalam larutan shea butter yang telah dingin tersebut. Aduk hingga tercampur rata
4. Setelah diaduk rata, masukkan ke dalam kulkas untuk kembali mengeraskannya selama sekitar 1 jam
5. Bila sudah mengeras, keluarkan dari kulkas. Kemudian, tambahkan beberapa tetes minyak esensial sesuai selera untuk menambah aroma (opsional)
6. Aduk campuran yang telah mengeras tersebut hingga menjadi terlihat seperti balm yang agak cair. Lalu, masukkan ke wadah kecil
7. Gunakan pelembap ini kapanpun dibutuhkan setelah membersihkan wajah. Aplikasikan secara merata sembari dipijat lembut. Pakailah secara teratur untuk hasil yang maksimal.

@iamvanessae Homemade face moisturizer#diyskincare #homemadeskincare #diybeauty original sound

(brl/mal)

tags

STORIES