Bukan pakai lemon dan kunyit, begini trik atasi flek hitam penyebab wajah kusam dengan 1 jenis buah

Bukan pakai lemon dan kunyit, begini trik atasi flek hitam penyebab wajah kusam dengan 1 jenis buah

Bukan pakai lemon dan kunyit, karena meskipun kedua bahan tersebut kerap kali dimanfaatkan untuk memudarkan flek hitam, tapi ternyata ada bahan lain yang juga tak kalah ampuh lho. Seperti video dari akun TikTok @wasmetahir pada 13 Mei 2020. Video tersebut membagikan tentang trik atasi flek hitam penyebab wajah kusam dengan 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah tomat. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu putih telur.

"DIY face mask for dark spots and brightening (DIY Masker wajah untuk flek hitam dan mencerahkan)," katanya dalam video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @wasmetahir, Jumat (1/9).

Atasi flek hitam penyebab kusam dengan 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya sebagai buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan, tomat juga berpengaruh pada kecantikan kulit. Tomat memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium yang dapat mencerahkan wajah, menghilangkan noda membandel, mengatasi jerawat, dan masih banyak lagi.

Bahkan menurut jurnal Annual Review of Food Science and Technology, kandungan likopen dalam tomat membantu mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, dan garis-garis halus serta kerutan. Bahkan kandungan antioksidan pada tomat dapat mengatasi noda dan flek hitam di wajah.

Putih telur juga merupakan salah satu bahan alami yang kerap kali dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah kusam, tak terkecuali untuk mengatasi flek hitam. Manfaat putih telur berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, mulai dari protein, vitamin B, hingga berbagai jenis mineral lain, seperti selenium, fosfor, dan kalium.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, manfaat putih telur memang luar biasa, di antaranya adalah mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo, menyerap minyak berlebih, dan membantu memudarkan bintik dan flek hitam di wajah. Tak hanya itu, penggunaan putih telur juga dipercaya dapat mencegah hiperpigmentasi sekaligus membantu mencerahkan kulit wajah yang tidak merata.

Atasi flek hitam penyebab kusam dengan 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@wasmetahir

Kedua bahan yang sudah disebutkan tersebut, dapat kamu olah menjadi masker wajah yang mampu mengatasi flek hitam dan meratakan warna kulit wajahmu. Begini cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 Buah tomat
2. 1 Butir putih telur

Atasi flek hitam penyebab kusam dengan 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@wasmetahir

Cara membuat:

1. Masukkan tomat pada blender
2. Tambahkan putih telur lalu blender kedua bahan tersebut sampai halus
3. Tuangkan pada mangkuk untuk mempermudah pengaplikasian
4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh, kamu juga bisa mengaplikasikan pada bagian tubuh lain yang mengalami flek hitam
5. Diamkan selama 10 menit
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Keringkan wajah lalu lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus tanpa noda.

@wasmetahir DIY mask #tomato #egg #brightface original sound - honey

(brl/far)

tags

STORIES