Bukan pakai bengkuang, ini trik menghapus noda hitam di kulit pakai face oil dari 1 jenis sayuran

Bukan pakai bengkuang, ini trik menghapus noda hitam di kulit pakai face oil dari 1 jenis sayuran

Brilio.net - Masalah noda hitam merupakan salah satu problematika kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Munculnya noda hitam ini sendiri umumnya disebabkan oleh 2 hal, yaitu bekas jerawat dan flek.

Jerawat dapat meninggalkan bekas berupa noda kecokelatan yang dikenal dengan istilah PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Kasus di mana munculnya bekas jerawat ini umumnya disebabkan karena proses regenerasi sel kulit baru pada area jerawat meradang dapat membawa melanin berlebih, sehingga memunculkan noda gelap pada kulit.

Sementara itu, flek pada wajah merupakan sebuah kondisi di mana kulit dipenuhi oleh titik dan bercak pigmentasi. Kemunculan flek hitam sangat rentan dipicu oleh paparan sinar UV dari matahari terutama UVB yang dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin sebagai pigmen warna kulit. Akibatnya, produksi melanin yang semakin menumpuk ini lama-kelamaan akan muncul ke permukaan kulit dan menjadi flek hitam.

Apabila kamu dihadapkan pada masalah noda hitam seperti di atas, kamu nggak usah bingung. Pasalnya, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami untuk membuat face oil yang efektif sebagai solusi alternatif. Salah satu bahan yang bisa kamu gunakan tersebut ialah sayur wortel, sebagaimana dibagikan oleh @adanwaimo di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (19/9).

menghapus noda hitam  Instagram

foto: freepik.com

Wortel adalah sayuran yang terkenal kaya akan kandungan vitamin. Vitamin A yang dibawa oleh komponen beta karoten di dalam wortel berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dengan menstimulasi proses regenerasi kulit. Wortel juga mengandung antioksidan dari vitamin C dan vitamin E yang membantu mencerahkan noda pigmentasi sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Plus, senyawa vitamin K dalam wortel juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area wajah, sehingga akan membantu proses pemulihan kulit dari noda-noda hitam yang muncul.

(brl/pep)

tags

STORIES