Bukan jerawat biasa, ini 7 cara tepat mengatasi fungal acne pada wajah

Bukan jerawat biasa, ini 7 cara tepat mengatasi fungal acne pada wajah

Brilio.net - Fungal acne atau malassezia folliculitis merupakan salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh jamur malassezia pada folikel rambut. Berbeda dari jerawat biasa, fungal acne memiliki bentuk seperti bruntusan akan tetapi dengan ukuran yang lebih besar.

Fungal acne biasanya tidak muncul satu per satu, akan tetapi muncul secara berkelompok di satu daerah yang berdekatan. Hal ini tentunya karena adanya endapan jamur pada kulit di satu lokasi tertentu.

Melihat dari sebab kemunculannya, fungal acne tentunya bisa muncul di bagian kulit mana saja, entah itu kulit tubuh atau kulit wajah. Pada bagian wajah, fungal acne biasanya muncul di daerah kulit yang seringkali banyak mengeluarkan keringat atau rentan berminyak seperti tepi antara batas rambut dengan wajah, dahi, hidung, dan dagu.

Selain muncul secara bersamaan dan dapat mengganggu penampilan, fungal acne juga memberikan sensasi gatal atau bahkan iritasi yang menimbulkan kemerahan pada kulit.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi fungal acne pada kulit wajah, seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber,Minggu(19/3).

1. Membersihkan wajah.

cara tepat mengatasi fungal acne  berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara mengatasi fungal acne yang perlu kamu lakukan adalah dengan menjaga kebersihan wajah. Apalagi jika kamu merupakan tipe orang yang mudah berkeringat dan memiliki tipe kulit berminyak.

Kamu bisa menjaga kebersihan wajah dengan cara melakukan double cleansing. Tentunya pemakaian produk double cleansing ini juga harus sesuai dengan tipe kulit wajah. Pilihlah produk double cleansing yang bisa mengontrol sebum berlebih dan bisa meredakan kemerahan pada wajah.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES