Bukan dioles tomat, ini cara angkat komedo agar pori-pori mengecil pakai 1 jenis buah

Bukan dioles tomat, ini cara angkat komedo agar pori-pori mengecil pakai 1 jenis buah

Secara umum, komedo terbentuk akibat produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous di bawah kulit. Jumlah minyak yang melebih batas normal ini mengakibatkan pori-pori membesar dan memudahkan kotoran mengendap di pori-pori wajah. Produksi minyak yang berlebih ini sendiri bisa dipicu banyak faktor, mulai dari perubahan hormonal, panas matahari, polusi lingkungan, hingga kebiasaan buruk seperti merokok sekalipun.

Untuk mengatasi komedo membandel, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif. Salah satunya adalah menggunakan campuran buah pepaya dan madu, sebagaimana dibagikan oleh @akankshaa_rana_ melalui Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (12/1).

angkat komedo mengecil  Instagram

foto: freepik.com

Pepaya merupakan buah kaya air yang mengandung enzim papain, vitamin, serta mineral. Enzim papain memiliki efek eksfoliasi yang membantu menghilangkan kotoran di dalam pori-pori dan meningkatkan regenerasi sel kulit. Selain itu, vitamin di dalam pepaya berperan dalam meredakan peradangan dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat timbulnya komedo. Mineral di dalamnya juga dapat membantu memperkuat skin barrier kulit.

angkat komedo mengecil  Instagram

foto: freepik.com

Tepung gram pada dasarnya memiliki sifat eksfoliasi alami dan astringen. Kedua sifat ini membuat tepung gram dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menyerap minyak secara alami sehingga kulit pun menjadi bersih. Selain itu, tepung gram juga mengandung protein dan mineral yang membantu mengurangi peradangan dan merapatkan pori-pori, sehingga mengurangi potensi penyumbatan dan munculnya komedo.

angkat komedo mengecil  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk kunyit memiliki manfaat luar biasa untuk kulit selain digunakan sebagai bahan dasar saat memasak. Bumbu kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa ini dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga mengurangi potensi penyumbatan pori-pori oleh komedo dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalamnya.

Ketiga bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 Buah pepaya
2. 1 Sendok makan tepung gram
3. 1/2 Sendok makan bubuk kunyit
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

angkat komedo mengecil  Instagram

foto: Instagram/@akankshaa_rana_

1. Potong dan haluskan sedikit buah pepaya dengan menggunakan blender atau sendok.
2. Masukkan pasta pepaya tadi ke dalam sebuah wadah kecil.
3. Campurkan 1 sendok makan tepung gram dan 1/2 sendok makan bubuk kunyit setelahnya.
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
5. Aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya sembari dipijat lembut.
6. Diamkan hingga mengering selama 10-15 menit, lalu pijat kembali sebelum dibilas hingga bersih.
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/far)

tags

STORIES